Gelar FGD, BPS Lakukan Evaluasi | Pasific Pos.com

| 18 September, 2019 |

Peserta FGD saat mengikuti kegiatan (foto:iis) Peserta FGD saat mengikuti kegiatan (foto:iis)

Gelar FGD, BPS Lakukan Evaluasi

Papua Selatan Penulis  Kamis, 01 Agustus 2019 22:59 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala BPS Merauke, Ir.Muh.Ali, M.Si mengemukakan bahwa FGD yang dilaksanakan BPS dengan melibatkan sejumlah instansi terkait belum lama ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan rutin yang selama ini telah dilakukan yang disebut dengan Merauke dalam angka. Karena data yang dirangkum berasal dari instansi vertical maupun otonom sehingga sebanyak 50 lembaga dan dinas turut diundang dalam FGD tersebut. “Kegiatan ini berlangsung sehari dan pemateri dihadirkan langsung dari pihak BPS. Rutin dilaksanakan setiap tahun guna mengumpulkan data dan informasi dari beberapa instansi yang ada di Kabupaten Merauke,”jelasnya kepada ARAFURA News usai pelaksanaan FGD di Coreinn Hotel belum lama ini.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa beberapa hal menjadi fokus evaluasi dalam FGD tersebut, termasuk mengenai kendala yang masih dihadapi dalam hal keterlambatan data. Hal ini disebabkan permasalahan atau kendala teknis yang dihadapi oleh masing-masing instansi sehingga menyebabkan data belum dapat terkumpul secara keseluruhan. Oleh sebab itu pihaknya telah memberikan batas waktu hingga akhir Juli 2019 bagi dinas dan lembaga untuk dapat menyelesaikan data-data tersebut. Adapun yang menjadi kendala adalah luasnya cakupan area dari instansi yang bersangkutan hingga ke wilayah kabupaten pemekaran.

Menurutnya data yang dihasilkan oleh setiap instansi sangat diperlukan khususnya yang terkait dengan gambaran progress pembangunan di masing-masing instansi untuk selanjutnya diekspos oleh BPS di Merauke dalam angka. Demi efektifas perangkuman data ini maka pihaknya akan meningkatkan publikasi publik dengan instansi yang terkait dan stok publikasi yang disampaikan diupayakan dapat bertahan hingga 5 tahun ke depan. “Sebab dalam rangka investasi kunjungan, baik dari kalangan akademisi, tim peneliti, mahasiswa dan pengguna data lainnya sangat membutuhkan data-data tersebut. Oleh sebab itu setiap pelaksanaan FGD kami selalu menghimbau setiap instansi dan selalu direspon positif. Pada dasarnya keinginan mereka untuk menyerahkan data dengan cepat sangat besar,”pungkasnya.

Dibaca 56 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Berita Terkini