Mahasiswa Penting Tingkatkan Pengetahuan Hukum Ketatanegaraan | Pasific Pos.com

| 22 September, 2019 |

Dosen Hukum Ketatanegaraan Unmus, Nasri Wijaya ( foto:iis) Dosen Hukum Ketatanegaraan Unmus, Nasri Wijaya ( foto:iis)

Mahasiswa Penting Tingkatkan Pengetahuan Hukum Ketatanegaraan

Papua Selatan Penulis  Kamis, 01 Agustus 2019 22:56 0
Beri rating artikel ini
(1 Voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Dosen Hukum Ketatanegaraan Unmus, Nasri Wijaya, SH, S.Sos, MH mengemukakan bahwa mahasiswa sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan tentang hukum tata negara mengingat NKRI terdiri dari latar belakang yang berbeda-beda dengan struktur kenegaraan yang cukup unik. Ia mengakui untuk menanamkan kesadaran kepada mahasiswa tentang hukum ketatanegaraan bukan hal yang mudah ditambah lagi peminat untuk hal yang satu ini termasuk minim. Jadi orang selalu beranggapan bahwa yang namanya hukum itu pasti erat kaitannya dengan kasus-kasus criminal seperti pembunuhan, pemukulan, penganiayaan dan lain-lain.

Padahal sebenarnya ada ilmu hukum yang berbicara dalam perspektif tertentu dan sedikit mendekati ke arah politik seperti hukum tata negara. “Jadi bagaimana kita melihat dinamika-dinamika politik yang ada sekarang dan dinamika-dinamika ketatanegaraan yang ada di daerah,”jelasnya kepada wartawan di Swiss-Belhotel Merauke Rabu lalu. Lebih lanjut ia mengungkapkan, munculnya paham-paham radikal diakibatkan karena kurangnya pemahaman para pemuda terkait dengan masalah ketatanegaraan. Mereka cenderung membandingkan paham tata negara yang ada di timur tengah dengan negara barat. Padahal untuk di Indonesia sendiri memiliki struktur negara yang berbeda-beda dalam naungan Bhinneka Tunggal Ika namun tetap satu.

Perbedaan-perbedaan ini kalau hendak dikaitkan dengan konteks masyarakat yang ada di negara lain dan kemungkinan secara ras tau gen sama tetapi tetap saja jika dibandingkan dengan Indonesia maka tidak akan sama jika dilihat secara kultur. Menurutnya yang paling dibutuhkan untuk Papua adalah pengetahuan dan pemahaman tentang ketatanegaraan. Memang materinya cukup berat karena hampir setiap tahun undang-undang mengalami perubahan.

Dibaca 86 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX