BPJS Kesehatan : SRO Memberikan Kepastian dan Memudahkan bagi Peserta | Pasific Pos.com

| 18 September, 2019 |

Petugas RS Provita Jayapura diberikan pemahaman sistem rujukan online. Petugas RS Provita Jayapura diberikan pemahaman sistem rujukan online.

BPJS Kesehatan : SRO Memberikan Kepastian dan Memudahkan bagi Peserta

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Kamis, 01 Agustus 2019 22:23 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura - Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), BPJS Kesehatan sebagai Badan Pelaksana merupakan badan hukum publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia dapat mengembangkan teknis operasionalisasi sistem pelayanan kesehatan. Sistem kendali mutu pelayanan dan sistem pembayaran pelayanan kesehatan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas.

BPJS Kesehatan Cabang Jayapura melakukan sosialisasi terkait dengan sistem rujukan online kepada Rumah Sakit Provita Jayapura yang baru bekerja sama dengan BPJS Kesehatan pada Rabu (31/7/2019).

Sistem rujukan online (SRO) memberikan kepastian dan memudahkan bagi peserta. Untuk rumah sakit sendiri dapat terbantu dengan adanya rujukan online, salah satunya memudahkan memproses petugas untuk pendafataran tidak perlu lagi input data pasien lagi seperti biasa.

"Rujukan online lebih mudah, peserta langsung terdaftar, tidak perlu khawatir tidak dilayani, peserta akan terhindar dari antrian di rumah sakit," ujar Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Faizal Busran, Kamis (1/8/2019).

Ditambahkannya, tujuan dari rujukan online membantu fasilitas kesehatan dalam melakukan rujukan yang tepat sesuai dengan kompetensi dan pemenuhan sarana prasarana yang dibutuhkan. Memberikan rujukan secara real time dan online dengan data pada fasilitas kesehatan perujuk yang langsung terkoneksi ke fasilitas kesehatan penerima rujukan (digital documentation) dan mengurai antrian yang menumpuk pada fasilitas kesehatan penerima rujukan Implementasi rujukan online ini pun disambut positif oleh Direktur Rumah Sakit Provita, Boy Eduward Richard Wajong. Boy mengucapkan terimakasih telah memberikan sosialisasi kepada petugas pelayanan di Rumah Sakit Provita Jayapura.

“Dengan pertemuan ini diharapkan seluruh petugas pelayanan kesehatan mempunyai pemahaman yang sama terkait dengan sistem rujukan online ini dan permasalahan yang ada di lapangan dapat diminimalisir dan ke depannya pelaksanaan sistem rujukan online dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang di harapkan,” tutur Boy.
Di akhir kegiatan sosialisasi disampaikan juga bahwa jumlah FKRTL yang sudah bekerja sama di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Jayapura sebanyak 13 rumah sakit termasuk Rumah Sakit Provita yang baru bekerja sama," ujarnya. (Zulkifli)

Dibaca 76 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Berita Terkini