KSAU:Peristiwa Heroik Menjadi Kompas Moral | Pasific Pos.com

| 18 September, 2019 |

Danlanud JA.Dimara, Kolonel PNB Deni Hasoloan Simanjuntak (foto:iis) Danlanud JA.Dimara, Kolonel PNB Deni Hasoloan Simanjuntak (foto:iis)

KSAU:Peristiwa Heroik Menjadi Kompas Moral

Papua Selatan Penulis  Rabu, 31 Juli 2019 03:13 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Peringatan ke-72 Hari Bakti TNI Angkatan Udara adalah puncak dari seluruh rangkaian peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara Tahun 2019, yang bertemakan ”Bakti Pahlawan UdaraMenjadi Tonggak Sejarah, Bakti Generasi Penerus Membangun Kejayaan Angkatan Udara”. Tema ini sengaja dipilih agar peristiwa heroik yang diperingati setiap tanggal 29 Juli ini, tidak sekedar menjadi nostalgia sejarah semata, namun terus menjadi kompas moral bagi generasi penerus untuk memberikan pengabdian yang terbaik.

Hal itu dikemukakan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU)Marsekal TNI Yuyu Sutisna , SE, MM pada amanat tertulisnya yang dibacakan Danlanud JA.Dimara, Kolonel PNB Deni Hasoloan Simanjuntak saat upacara peringatan ke-72 Hari Bakti TNI Angkatan Udara di lapangan upacara lanud JA.Dimara Senin lalu. Diungkapkan, Hari Bakti juga merupakan jawaban paling fundamental dan rasional ketika bangsa Indonesia bertanya mengapa negara harus bersusah payah untuk membangun kejayaan TNI Angkatan Udara.

Hari berkabung AURI yang sejak tahun 1962 kita peringati sebagai “Hari Bakti TNI Angkatan Udara”, adalah rangkaian peristiwa yang terjadi ketika tiga pesawat TNI Angkatan Udara menyerang garis pertahanan Belanda di tiga kota, yaitu Semarang, Salatiga, dan Ambarawa. Ketiga pesawat tersebut diawaki oleh kadet penerbang Mulyono dengan juru tembak Dulrachman, kadet penerbang Sutardjo Sigit dengan juru tembak Sutardjo, dan kadet penerbang SuharnokoHarbani dengan juru tembak Kaput. Serangan ini menjadi monumental karena menjadi operasi serangan udara pertama dalam sejarah TNI Angkatan Udara. Serangan ini menjadi bukti jiwa patriotisme dan cinta tanah air. Serangan tiga kota dan gugurnya para pahlawan udara, adalah sebuah kemenangan sekaligus kehilangan besar bagi TNI Angkatan Udara. Maka kedua peristiwa tersebut selalu diperingati, karena banyak nilai-nilai moralitas yang wajib diketahui dan diteladani oleh generasi penerus TNI Angkatan Udara.

Dibaca 52 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Berita Terkini