Sambut PON 2020, PDAM Jayapura Bangun Fasilitas Air Bersih | Pasific Pos.com

| 20 September, 2019 |

Entis Sutisna Entis Sutisna

Sambut PON 2020, PDAM Jayapura Bangun Fasilitas Air Bersih

Kota Jayapura Penulis  Rabu, 31 Juli 2019 02:35 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura - Menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 di Papua,, manajemen Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura akan membangun jaringan baru di sejumlah titik tempat pelaksanaan beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan.

Direktur Utama PDAM Jayapura, Entis Sutisna mengatakan, pihaknya termasuk dalam pengurus PB PON 2020 di bagian infrastruktur yang bertanggung jawab terhadap penyediaan air minum di venue yang akan digunakan sebagai arena untuk bertanding.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan bahwa venue yang akan digunakan untuk bertanding itu betul-betul siap sarana air bersihnya, seperti di Kampung Harapan, Sentani," ujar Entis, Selasa (30/7/2019).

"Kami sudah koordinasi terkait penyediaan air minum di stadion Papua Bangkit. Tahun 2018 sudah dibangun fasilitas air bersih menggunakan APBN dan APBD Provinsi Papua," sambungnya.

Selain itu, pihaknya melakukan rehabilitasi fasilitas air bersih di GOR Waringin dan GOR Cenderawasih Kota Jayapura menggunakan dana APBD Provinsi Papua.

Wilayah lainnya yang akan dibangun fasilitas air bersih, kata Entis, yaitu di wilayah Distrik Muara Tami menggunakan dana APBD Provinsi Papua dan APBN. Juga di BAPELKES yang akan digunakan sebagai arena cabang olahraga dansa.

" Di BAPELKES kita bikin jaringan baru, yang bangun nanti dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua. Lalu yang di BUPER nanti menggunakan mobil tangki saja, dan di Pantai Hamadi akan dibangun fasilitas air minum yang baru dibackup juga dengan mobil tangki air bersih," imbuhnya.

Titik pembangunan fasilitas air minum juga akan dibangun di stadion Mandala Jayapura, kemudian di kawasan Universitas Cenderawasih yang akan digunakan sebagai arena softball.

Entis mengungkapkan telah menginventarisir seluruh venue PON 2020 untuk memastikan ketersediaan air minum yang keseluruhan dananya dari Pemerintah Provinsi Papua.

"Kami juga membutuhkan dukungan Pemerintah Provinsi Papua terkait 5 unit mobil tangki untuk kebutuhan yang mendesak, kebetulan kami sudah siapkan stasiun pengambilan air bersih pada saat emergency yaitu di kantor pusat PDAM Jayapura, di depan PLTD Yarmoch dan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Waena.

Entis mengatakan, seluruh jaringan atau fasilitas yang dibangun tetap digunakan kendati pelaksanaan PON 2020 berakhir. (Zulkifli)

Dibaca 79 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.