Bupati Tolikara Bersedia Penuhi Panggilan Polisi | Pasific Pos.com

| 21 August, 2019 |

Bupati Tolikara Bersedia Penuhi Panggilan Polisi

Headline Penulis  Senin, 10 Agustus 2015 17:57 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Bupati Usman Wanimbo sambut Kapolda Papua,Brigjen (Pol) Paulus Waterpauw ketika Tinjau TKP Insiden Tolikara.

Jayapura,- Bupati Tolikara Usman Wanimbo menyatakan kesediaannya untuk memenuhi panggilan penyidik Kepolisian Daerah Papua untuk memberikan keterangannya terkait insiden di Kabupaten Tolikara, pada 17 Juli silam. 
“Saya sudah bertemu dengan pa Bupati Tolikara dan beliau menyampaikan apabila dibutuhkan oleh hukum untuk memberikan keterangan, maka dia bersedia penuhi panggilan,” kata Kepala Kepolisian Daerah Papua, Brigjen (Pol) Paulus Waterpauw usai melakukan peninjauan sekaligus kunjungan kerja ke Kabupaten Tolikara bersama Danrem 172/PWY, Kolonel Inf. Sugiyono dan sejumlah pejabat Polda Papua, Jum’at (7/8) lalu.
Kapolda mengakui sampai saat ini pihaknya belum melakukan pemanggilan terhadap Bupati Tolikara, Usman Wanimbo, terkait insiden Tolikara. Namun, pihaknya telah menghimbau kepada pimpinan daerah Tolikara untuk menghargai proses hukum positif yang sedang berjalan di Polda Papua.
Ia pun meminta kepada para tokoh – tokoh lain yang terlibat dengan kejadian di Tolikara agar berjiwa besar dan menghargai proses hukum positif.  Kepolisian, kata Kapolda, hanya meminta keterangan dari saksi guna mengetahui apa yang terjadi di Lapangan Karubaga pada 17 Juli lalu.
“Sebenarnya kita hanya ingin tahu apa yang terjadi disana, apa yang mereka melihat, merasakan, mendengar, dan mungkin mengerti, itu yang kita harus gali lewat keterangan –keterangan para tokoh ini,” katanya.
Mengenai masalah Insiden Tolikara sendiri, Kapolda menyatakan telah melakukan komunikasi secara langsung dengan Pemerintah Daerah dan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) dan beberapa tokoh di Kabupaten Tolikara.
“Pada prinsipnya semuanya sudah bisa mengerti soal perkembangan masalah yang terjadi di Tolikara dan upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah, termasuk Pemerintah Pusat sudah diterima masyarakat,” jelasnya.
Kapolda juga menegaskan akan membawa hasil pertemuan tersebut ke Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) tingkat Provinsi Papua guna mengambil langkah – langkah kedepan. “Intinya apapun proses hukum positif yang dilakukan polisi, ikuti saja sesuai dengan apa yang menjadi tangungjawab hukum,” imbuhnya. (Syaiful)

Dibaca 621 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.