LP3BH Pertanyakan Kinerja Polres Manokwari Dalam Penanganan Dugaan Tipikor | Pasific Pos.com

| 22 August, 2019 |

LP3BH Pertanyakan Kinerja Polres Manokwari Dalam Penanganan Dugaan Tipikor

Papua Barat Penulis  Selasa, 30 Juli 2019 14:24 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Yan C. Warinussy, SH mempertanyakan kinerja Polres Manokwari yang dipimpin Kapolres Manokwari, AKBP Adam Erwindi dalam menangani dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) di wilayah hukum Polres Manokwari yang terdiri dari 4 kabupaten.

Dikatakannya, Polres Manokwari merupakan lembaga penegak hukum yang sudah mencanangkan Zona Integritas (ZI) dalam rangka Wilayah Bebas Korupsi (WBK), tetapi sepi dalam penanganan kasus korupsi.

“Dari sisi mana yang salah? Apakah kapasitas penyidik tipikor yang kurang berpengalaman atau komandannya yang tidak berani,” tanyanya kepada para wartawan di Sekretaria LP3BH Manokwari, Senin (29/7).

Menurut dia, banyak indikasi korupsi di depan mata yang bisa ditindak Polres Manokwari, seperti penggunaan dana desa yang jika diselidiki lebih dalam, bisa ditemukan unsur tindak pidana.

Ia mengungkapkan, di zaman mantan Kapolres, AKBP Christian Rony Putra, Polres Manokwari mampu mengungkap sejumlah kasus tipikor, salah satunya tipikor pengadaan lahan motor prix dan tipikor dana hibah di Bawaslu Provinsi Papua Barat.

Namun, setelah peralihan jabatan, justru Polres Manokwari semakin sepi dari penanganan dugaan tipikor. “Ini akan menjadi pertanyaan besar bagi publik, karena di bawah kepemimpinan Kapolres, Adam Erwindi, sepi dalam penanganan kasus korupsi. Kemampuan penyidik tipikor akan dipertanyakan publik,” tambahnya.

Dikatakannya, dalam pengamatan LP3BH, sejauh ini Polres Manokwari hanya menggebu-gebu dengan keberhasilan menangani berbagai kasus tindak pidana umum (tipidum), seperti pencurian, pemerkosaan, penganiayaan dan lain-lain, tetapi dalam penanganan kasus tipikor, sangat nihil.

Dirinya mencontohkan, kasus dugaan pungutan liar (pungli) oknum penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Papua Barat berinisal AM terhadap kliennya, ML, sehingga belum naik ke Kejari Manokwari. [BOM-R1] 

Dibaca 47 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX