Badan Kesbangpol Papua Barat Gelar Seminar Kebangsaan di SMKN 1 Manokwari | Pasific Pos.com

| 20 October, 2019 |

Badan Kesbangpol Papua Barat Gelar Seminar Kebangsaan di SMKN 1 Manokwari

Papua Barat Penulis  Sabtu, 27 Juli 2019 13:16 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Badan Kesbangpol Provinsi Papua Barat menyelenggarakan Seminar Kebangsaan di SMKN 1 Manokwari, Kamis (25/7).

Seminar dengan tema “Penguatan Wawasan Kebangsaan dalam Menghadapi Globalisasi, Liberalisme, dan Radikalisme” dihadiri ratusan murid baru sekolah kejuruan itu.

Selain Kasubid Ketahanan Ideologi dan Bela Negara Badan Kesbangpol Provinsi Papua Barat, Sutowo, pemateri lain dalam seminar itu adalah Wadir Binmas Polda Papua Barat, AKBP Frengky Lopulalan, dan Ketua Gerakan Rakyat Cinta NKRI Papua Barat, Napoleon Fakdawer.

Usai kegiatan, kepada para wartawan, Napoleon Fakdawer mengatakan seminar kebangsaan harus dilakukan oleh semua pimpinan dan elemen masyarakat. Sebab, para pelajar rentan terhadap isu-isu globaliasi, radikalisme, dan hoax yang membuat mereka terjebak dalam hal-hal negatif.

“Sesungguhnya apa yang dilakukan oleh teman-teman dari Polda dan Kesbangpol dan kami dari Gerakan Rakyat Cinta NKRI, ingin menanamkan nilai-nilai kewaspadaan bangsa agar anak-anak kita khususnya di SMKN 1 kelas X, lebih menghayati, menghormati makna Pancasila, UUD ’45 sebagai pola landasan yang memberikan mereka kekuatan agar mereka tidak terjebak dalam isu-isu sempit yang selama ini membuat banyak hal yang terjadi anak-anak kita terjebak dalam isu-isu radikalisme, isu-isu globalisasi yang membuat mereka tidak punya ketahanan,” ujarnya.

Sebab, menurutnya, seminar itu memberikan penguatan agar para pelajar membentengi diri dari bahaya-bahaya di sekitarnya. Melalui seminar itu, dia berharap para pelajar sejak dini diproteksi agar dapat menangkal hoax, radikalisme, serta pornografi.

“Karena kita percaya mereka ini adalah generasi yang akan memimpin negara ke depan, 10, 20 tahun ke depan. Artinya, mereka harus diproteksi, dijaga, dilindungi, sehingga tugas-tugas besar yang diemban hari ini adalah menjadi sebuah kekuatan dalam menjaga NKRI yang kita cintai,” ujarnya.

Wakil Kepala SMKN 1 Manokwari Bidang Kurikulum, Veronika Rumiyati, mengatakan seminar kebangsaan memberikan pengetahuan tentang kebangsaan untuk selanjutnya diterapkan dengan baik. Dengan begitu, para pelajar, terutama pelajar kelas X yang menjadi peserta dalam kegiatan itu, menjadi pelajar dan generasi muda yang baik sesuai harapan bangsa.

“Harapan kami, mudah-mudahan mereka dapat menjadi anak yang nantinya berguna bagi nusa dan bangsa, terutama sekali di zaman globalisasi ini mereka tidak terpengaruh dengan hal-hal yang negatif, contohnya narkoba karena akan merusak mereka terutama bangsa dan negara ini,” tukasnya. (BNB-R3) 

Dibaca 111 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.