Bupati Mansel: Gunakan Dana Kampung Secara Transparan | Pasific Pos.com

| 22 September, 2019 |

Bupati Mansel: Gunakan Dana Kampung Secara Transparan

Papua Barat Penulis  Sabtu, 27 Juli 2019 13:14 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Ransiki, TP - Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran, minta agar 57 kepala kampung gunakan Dana Kampung/Desa secara transparan.

Setelah menerima pencarian dana desa, para kepala kampung harus kumpul semua komponen pemangku kepentingan kampung, seperti badan permusyawaratan kampung (Baperkam), Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan maupun tokoh masyarakat dan agama.

Setelah itu, dana yang ada diperlihatkan secara terbuka. Selanjutnya dana tersebut dibagi secara merata kepada pihak-pihak yang ditunjuk sebagai pengelola dimasing-masing program yang telah diusulkan melalui musyawara kampung (Muskam) sebelumnya.

Hal tersebut bertujuan agar tidak menimbulkan kecurigaan mapun penyelagunaan dana desa diluar program yang telah terencana melalui msukam.

"Kepada bapak kepala kampung saya ingatkan sekali lagi, manfaatkan dana kampung harus transparan. Setelah sudah menerima transfer, panggil masyarakat duduk, baperkam, dan semua lembgaa kampung yang terkait untuk hadir. Sekali kali jangan mengambil keputusan atau kebijakan sendiri atau hanya melibatkan anak dengan bapak baku atur, atau kepala kampung dengan maitua tidak boleh begitu, itu uang rakyat," pesan Bupati pada kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung bersama seluruh aparat kampung di Mansel yang berlangsung di aula KNPI Mansel, Senin (22/7).

Jika tidak ada transparansi, maka dikuatirkan akan terjadi penyimpangan atau penyalagunaan yang berdampak pada pembangunan kampung tidak berjalan maksimal atau berjalan ditempat.

"Artinya kumpul semua, disesuaikan dengan program yang ada, realisasikan. Artinya sesuai dengan hasil musyawara kampung. Jangan program lain uang pake untuk kegiatan lain. Kalau seperti itu untuk apa minta pemekaran kampung kan mubasir kata orang sono, sia-sia. Sekecil apapun kalau anda lakukan itu secara transparan sungguh luar biasa, rakyat anda mencintai anda," tukas Bupati. [CR35] 

Dibaca 83 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX