Bupati Akui Peranan Pemuda Sangat Penting Bagi Pembangunan Daerah | Pasific Pos.com

| 18 September, 2019 |

Bupati Akui Peranan Pemuda Sangat Penting Bagi Pembangunan Daerah

Papua Barat Penulis  Kamis, 25 Juli 2019 22:57 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Ransiki,TP – Bupati Manokwari Selatan Markus Waran, mengajak seluruh Kepala Kampung di wilayahnya agar melibatkan pemuda kampung sebagai penggerak pembangunan dimasing-masing kampung.

Terutama para pemuda lulusan sarjana dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang masih menggangur atau belum bekerja.

"Pakelah anak-anak kita yang sudah pergi kulia, datang bawa ijasa sarjana. Belum ada pekerjaan manfaatkan mereka," jelas Waran.

Bahkan menurut Waran dengan alokasi dana desa yang cukup besar, aparat kampung bisa melibatkan pemuda kampung, serta manfaatkan kemampuan pemuda sesuai petunjuk teknis yang ada untuk membantu aparat kampung.

"Dana ini tidak singgah di Pemerintahan Daerah. Oleh karena itu saya anjurkan.Saya berharap kepada bapak kepala kampung semua manfaatkan SDM Pemuda yang ada di Kampung bersama membangun kampung. Artinya ketika mereka dilibatkan bearti bakat dan kemampuan mereka selama ikut pendidikan ikut mati," kata Waran saat memberi materi pembuka pada kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Pemkab Mansel, berlangsung di sekretariat DPD KNPI Mansel Senin (22/7) lalu.

Waran menilai bahwa selain akan menunjang kegiatan pemerintahan kampung, keterlibatan pemuda kampung setiap kegiatan didesa dapat menekan angka pengangguan kampung.

"Jangan terlantarkan mereka. Kalau terlantarkan mereka, dong jadi orang jahat dikampung. Sehingga pakelah mereka jadi operator dikampung atau apa saja yang menunjang kegiatan kampung. Anggarakan untuk mereka sesuai petunjuk teknis tentang realisasi keuangan yang ada. Entah dia sarjana, entah dia SMA, SPM, lulusan keguruan atau kesehatan manfaatkan dia untuk bangun dari kampung ke kota," ujar Waran.

Kesempatan tersebut, Waran minta kepala distrik untuk mendata pemerintahan kampung disetiap distrik yang sudah melibatkan pemuda berpendidikan dalam urusan kampung.

"Nanti para kepala distrik tolong mendata itu lalu sampaikan ke kita. Sehingga setelah sudah dilakukan dilapor secara berjenjang dari kepala kampung ke bupati tapi tembusannya ke kepala distrik termasuk kepada SKPD terkait suapay kami semua tau bahwa dikampung ini sudah gunakan SDM yang ada, sudah libatkan pemuda," tutup Waran. [CR35] 

Dibaca 80 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Berita Terkini