Jika PP Gaji Terbit, tidak Ada Kenaikan Pangkat lagi | Pasific Pos.com

| 22 September, 2019 |

Jika PP Gaji Terbit, tidak Ada Kenaikan Pangkat lagi

Papua Barat Penulis  Rabu, 24 Juli 2019 13:38 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih menunggu diterbitkannya Peraturan Pemerintah tentang Gaji ASN. Jika PP itu sudah terbit, maka ke depan tidak ada lagi kenaikan golongan, dan hanya ada kenaikan jabatan.

Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian pada BKN Region XIV Manokwari, Edi Korengkeng mengatakan sebelum adanya PP Gaji, penghasilan yang diterima ASN terdiri atas gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan keluarga, dan tunjangan umum bagi pelaksana. Namun, jika PP gaji itu sudah terbit, maka tinggal disesuaikan.

“Tapi kalau ke depan, setelah PP tentang gaji keluar, maka tidak akan ada lagi istilah tentang kenaikan pangkat. Tapi berubah menjadi kenaikan jabatan,” sebut Korengkeng saat menyampaikan materi pada Bimtek Penyusunan Evaluasi Jabatan bagi para kepala subbgian kepegawaian OPD lingkup Pemkab Manokwari di ruang Sasana Karya, kantor Bupati Manokwari, Selasa (23/7).

Menurut dia, dengan adanya PP Gaji, setiap ASN akan disesuaikan dengan jabatan masing-masing dan tidak ada lagi golongan II.

“Jadi ke depan berubah total terkait dengan peringkat jabatan. Itu untuk ke depan, jadi tidak ada istilah kenaikan pangkat, untuk periode April dan Oktober, yang ada adalah kenaikan jabatan,” sebutnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa jika PP Gaji terbit, akan mengurangi tupoksi BKN, karena tidak ada lagi bidang mutasi di BKN Region, dan tidak ada lagi terkait kenaikan pangkat di BKN Pusat.

“Jadi sebentar berubah total. Setiap ada pelantikan kenaikan jabatan di situ. Dengan adanya PP Gaji, dipastikan gaji ASN juga akan naik,” imbuhnya.

Saat ini, sambungnya, semua ASN menunggu terbitnya PP tentang Gaji. Dipastikan biro organisasi dan badan kepegawaian akan punya tugas yang lebih berat untuk menentukan urutan jabatan mulai dari tertinggi sampai terendah.

“Jadi ini berubah ketika PP tentang Gaji keluar. Semua pegawai tinggal menunggu. Jadi akan memberlakukan gaji dengan single salary. Dengan harapan, tunjangan-tunjangan yang ada sekarang di luar tugas pokok mungkin akan dihilangkan. Seperti tunjangan sertifikasi untuk guru akan hilang,” pungkasnya. (BNB-R3) 

Dibaca 136 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX