Ini Alasan Inspektorat Tidak Audit Semua Laporan Keuangan Dana Kampung | Pasific Pos.com

| 22 September, 2019 |

Ini Alasan Inspektorat Tidak Audit Semua Laporan Keuangan Dana Kampung

Papua Barat Penulis  Rabu, 24 Juli 2019 13:33 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Ransiki, TP – Inspektorat Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), tidak dapat melakukan pengawasan dan audit laporan penggunaan dana desa secara menyeluruh dari 57 kampung yang ada di Kabupaten Mansel.

Inpektur Kabupaten Mansel, Kristian Arisoy, mengaku, hal itu terjadi karena pihaknya kekurangan tenaga auditor. Dikatakannya, dari 62 pegawai negeri sipil (PNS), Inspektorat hanya memiliki 12 auditor.

“Hanya dua belas auditor saja yang bertugas mengaudit laporan keuangan, sehingga tidak mungkin menjangkau 57 kampung yang ada,” katanya kepada Tabura Pos di Ransiki, belum lama ini.

Dia mengungkapkan, selain kekurangan auditor, kendala lain yang dialami pihaknya adalah jarak kampung yang cukup jauh dan medan yang kurang bagus.

Oleh sebab itu, pihaknya kata dia, terpaksa melakukan audit secara bergilir atau memilih beberapa kampung sebagai keterwakilan yang diperiksa tiap tahun.

“Memang tenaga kami terbatas. Tahun kemarin ada beberapa desa yang diperiksa. Jelas tidak bisa semua. Kami hanya bisa mengambil yang sifatnya mewakili semua, tetapi setiap tahun audit dilakukan di kampung yang berbeda dengan tahun sebelumnya,” jelansya.

Arisoy mengaku, tahun ini pihaknya belum melakukan audit laporan keuangan desa. Dia berharap, 49 honorer di kantor yang ia pimpin bisa lolos seleksi CPNS sehingga bisa membantu auditor yang sudah ada untuk mengaudit laporan keuangan dana kampung.

“Menurut saya dari beberapa honorer sudah memenuhi kriteria menjadi seorang auditor, saya berharap ada yang lolos, sehingga bisa bergabung,” tandasnya.

Dia menambahkan, jumlah auditor hanya 12 orang dari 63 pegawai yang ada padahal berdasarkan peraturan yang ada, Inspektorat minimal harus memiliki 45 auditor.

“Sekarang kita berharap dari tenaga honorer yang ada ini , ada yang lolos jadi pegawai agar bisa membantu,” harapnya. [CR35-R4] 

Dibaca 76 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.