24 Diver Manokwari Sukseskan Guinness World Record di Manado | Pasific Pos.com

| 20 September, 2019 |

24 Diver Manokwari Sukseskan Guinness World Record di Manado

Papua Barat Penulis  Selasa, 23 Juli 2019 13:29 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Sebanyak 24 penyelam yang tergabung dalam Komunitas Molo Manokwari yang dikoordinir oleh Kapolres Manokwari, AKBP Adam Erwindi dan Ketua Komunitas Molo Manokwari Faisal Rauf dipastikan akan turut serta dalam penghelatan Guinness World Record (GWR) atau pemecahan rekor dunia di Manado, Sulawesi Utara pada 1-3 Agustus nanti.

Kasat Polair Polres Manokwari, Iptu Aris Patandung mengatakan, kegiatan GWR diselenggarakan oleh Wanita Selam Indonesia (WASI) di bawah kepemimpinan Ny. Tri Tito Karnavian yang dikuti sebanyak 3.000 penyelam lainnya yang tergabung dari berbagai wilayah dan Polda diseluruh Indonesia.

Ia mengungkapkan, untuk 24 penyelam dari Manokwari, 12 orang diantaranya dari perwakilan Polres Manokwari, sedangkan 12 orang penyelam lainnya tergabung dari beberapa instansi seperti Kodam XVIII Kasuari dan sebagainya.

Menurutnya, penghelatan tersebut hanya bisa diikuti oleh penyelam yang telah memiliki lisensi. Ia mengklaim jika 24 penyelam perwakilan Manokwari yang akan bergabung dengan 3.000 orang penyelam lainnya telah memiliki lisensi diving.

“Persiapan kami sudah bagus, sudah sekitar 90 persen, jadi saya rasa tidak ada masalah. Pesertanya ada 3.000 orang, setiap Polda diseluruh Indonesia mengirimkan 100 penyelam, dari Manokwari sendiri kita ada 24 orang,” katanya kepada wartawan di ruang kantornya, Senin (22/7).

Diterangkannya, penghelatan GWR yang diselenggarakan oleh WASI dalam rangka menyongsong HUT Republik Indonesia ke 74 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2019 nanti.

Dalam penghelatan itu, sebanyak 3.000 penyelam akan membentangkan bendera Merah Putih di bawah permukaan laut dengan kedalaman 10 meter.

“Kalau tekhnisnya saya belum tau, nanti panitia di sana yang sampaikan apa-apa saja yang dilakukan. Kegiatannya penghelatannya 3 hari, kami berangkat ke Manado nanti rencananya tanggal 1 Agustus 2019,” tandasnya.

Sementara Itu, Kapolres Manokwari , AKBP Adam Erwindi menyampaikan, 24 penyelam Manokwari ini merupakan bagian dari 100 peserta diver kontigen Papua Barat yang dikoordinir oleh Dirpolairud Polda Papua Barat, Kombes Pol Roy Sihombing.

Dalam penghelatan itu, turut juga berpartisipasi Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak berserta beberapa Pejabat Utama (PJU) dalam pemecahanrekor dunia tersebut.

Menurutnya, penghelatan ini merupakan penyelam terbanyak dengan jumah peserta 3.000 orang serta rantai manusia terpanjang dibawah laut.

“Kita nanti akan kibarkan bendera merah putih di bawah laut,” ujarnya kepada Tabura Pos saat dikonfirmasi melalui pesan whatsapp, Senin (22/7). [CR45-R4] 

Dibaca 141 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX