Kemen PAN dan RB Evaluasi SAKIP di Kabupaten Manokwari | Pasific Pos.com

| 6 December, 2019 |

Kemen PAN dan RB Evaluasi SAKIP di Kabupaten Manokwari

Papua Barat Penulis  Selasa, 23 Juli 2019 13:24 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Staf Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke Kabupaten Manokwari, Selasa (23/7) hari ini.

Kunjungan itu bermaksud untuk mengevaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). “Besok (hari ini) ada kedatangan dari Kementerian PAN dan RB terkait SAKIP. Diminta setelah apel pejabat OPD atau kepala OPD, sekretaris dan kasubag perencanaan bisa bertemu dengan Kepala Bagian Ortal untuk mendapatkan informasi apa saja yang perlu dibenahi,” Sebut Asisten I Sekda Kabupaten Manokwari dalam apel gabungan OPD di halaman eks kantor Bupati Manokwari, Senin (22/7).

OPD-OPD yang dimaksud Wanto, yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Kominfo, Dinas Sosial, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Badan Pendapatan Daerah, Kantor Inspektorat, Bappeda, serta Dinas Perhubungan, Kelautan, dan Perikanan. Kemudian, Kelurahan Padarni dan Kelurahan Sanggeng.

Menurut Wanto, masih banyak OPD yang belum memenuhi SAKIP. Bagi dia, begitu miris karena menurutnya para pimpinan OPD mampu melaksanakan SAKIP.

“Apakah bapak dan ibu tidak mampu? Mampu, barang apa sih. Tetapi persoalannya adalah bagaimana memulai itu. Memulai itu yang susah,” ujarnya.

Diakuinya, memulai sesuatu itu memang sulit, namun jika tidak memulainya maka selamanya akan tetap tertinggal. “Dan itu wajib hukumnya. Anjab (Analisis Jabatan) dan SAKIP. Kemarin Simral (penginputan Renstra OPD ke aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran, dan Pelaporan) sudah 100 persen, sekarang Anjab dan kemudian SAKIP yang besok kita kedatangan tamu,” katanya.

Dia menjelaskan, apabila dalam evaluasi SAKIP yang dilakukan Kemen PAN dan RB ada OPD yang belum memenuhi maka konsekuensinya adalah pada nilai pemerintah Kabupaten Manokwari.

“Jika ada nilai itu, ya jelas selamanya Pemkab Manokwari tidak akan bergerak dari tempat. Akan begitu-begitu saja,” sebutnya kepada wartawan usai apel.

Kabag Organisasi dan Tata Laksana Setda Kabupaten Manokwari, Yesaya Tuhepary, untuk SAKIP saat ini Kabupaten Manokwari masih mendapat nilai C. “Tahun kemarin dapat C, dengan harapan kedatangan ini disampaikan kepada kita data-data mana yang kurang supaya diperbaiki lagi dibimtek ulang oleh mereka, kita masukkan data terbaik supaya ke depan nilainya naik. Paling tidak B-lah,” ujarnya. (BNB-R3) 

Dibaca 111 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.