12 Awak Kapal Dewi Rezky Berhasil Dievakuasi | Pasific Pos.com

| 24 August, 2019 |

12 Awak Kapal Dewi Rezky Berhasil Dievakuasi

Headline Penulis  Senin, 09 Februari 2015 17:55 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)
12 Awak Kapal Dewi Rezky Berhasil Dievakuasi
Kapal Dewi Rezky yang tenggelam di laut muara Agat Kabupaten Asmat.

Jayapura,- 12 awak Kapal Dewi Rezky yang mengalami kecelakaan laut di Muara Agats, Kabupaten Asmat berhasil dievakusi oleh tim gabungan, Jum’at (6/2) pagi. Ke-12 awak tersebut, terdiri dari kapten kapal, 3 juru kemudi dan 8 Anak Buah Kapal (ABK). 
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes (Pol) Patrige menegaskan, proses evakuasi terhadap para awak KM Dewi Rezky dilakukan sejak pukul 7.00 WIT. Proses evakasui dipimpin langsung oleh Wakapolres Asmat Kompol Naharuddin, S.Sos bersama gabungan Tim Basarnas Agats, Polri ( Polres Asmat ), Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Asmat , ORARI serta relawan dari keluarga korban.
 “Proses evakuasi ini menggunakan 2  Speed boat 85 PK dan 1 buah long boat 40 PK. Dari kerja keras tim, 12 awak kapal tersebut yang diantaranya terdiri dari Kapten kapal, 3 juru kemudi dan 8 ABK selamat,” kata Patrige, Sabtu (7/2).
Dari 12 awak kapal, jelas Patrige, 4  orang ABK kapal diantaranya berhasil diselamatkan nelayan yang sempat menyelamatkan diri dari lokasi laka laut dengan menggunakan body speed 45 PK tanpa Engine mesin. “Empat ABK ini ditemukan oleh masyarakat di sekitaran daratan kampung Yepem ( pohon – pohon bakau ), kemudian dibawa ke Pelabuhan Fery Agats,”terangnya.
Mengenai kondisi kapal, Patrige menegaskan bahwa saat ditemukan kondisi Kapal Dewi Rizky sudah 90 % dalam keadaan tenggelam. Kecelakaan itu sendiri diperkirakan mengakibatkan kerugiaan materil Rp. 2 Milyar, termasuk muatan dalam kapal.
Mengantisipasi bencana serupa, pihak kepolisian berpandangan perlu adanya pembenahan pada instansi Basarnas Agats yang kurang siap menanggapi kejadian tersebut. Hal itu terlihat, dari tidak adanya sarana dan prasarana pendukung yang bisa digunakan dalam kegiatan penyelamatan ataupun proses evakuasi.
 “Perlu adanya keterlibatan langsung seluruh instansi dalam menghadapi bencana maupun kecelakaan di Kabupaten Asmat, sehingga penanganannya lebih siap dan hasil yang akan diperoleh lebih memuaskan tanpa memunculkan opini masyarakat yang buruk,” ujar Patrige.
Sekedar diketahui, berikut 12 awak Kapal Dewi Rizky yang dievakuasi, Kodensius Klau (34) Kapten Kapal, Haerudin (42) Juru Mudi, Akbar (29) Juru Mudi, Husain (39) Juru Mudi. Muhammad Nur (36) Komprador kapal, Oscar (44) ABK, Suhardin (23) ABK, Asri (31) ABK, Mustafa (30) ABK, Frengki Nana (21) ABK, Abbas (34) ABK, Muhajir (56) ABK. (Syaiful)

Dibaca 613 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.