Terima Penghargaan Lingkungan, Gubernur Minta Semua Pihak Jaga Lingkungan dan Hutan Papua | Pasific Pos.com

| 9 December, 2019 |

Terima Penghargaan Lingkungan, Gubernur Minta Semua Pihak Jaga Lingkungan dan Hutan Papua

Papua Barat Penulis  Selasa, 16 Juli 2019 13:56 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan menyerahkan penghargaan Kalpataru atas nama Lukas Barayap kepada Wakil Bupati Manokwari, Edy Budyo. Penyerahan dilakukan pada apel gabungan di halaman kantor Gubernur Papua Barat, Senin (15/7).

Mandacan menyebut, ada sebanyak 10 orang di Indonesia yang menerima Kalpataru dari Wakil Presiden, Jusuf Kalla, salah satunya, Lukas Barayap dari Kabupaten Manokwari.

Gubernur Mandacan yang turut mendampingi saat penerimaan penghargaan Kalpataru turut memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah pusat yakni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka pelestarian lingkungan hidup dan kehutanan.

Gubernur berharap, atas penghargaan itu bisa memotivasi semua pihak, terutama Kabupaten Manokwari untuk tetap menjaga, melindungi, dan melistarikan hutan di tanah Papua.

“Kiranya kita dapat memanfaatkan hutan kita sesuai kebutuhan dan bijaksana demi kesejahteraan rakyat dan kita juga bertanggungjawab menjaga hutan kita agar tetap lestari dan memberikan manfaat bagi kita. Jaga alam, alam jaga kita, kita jaga hutan, hutan jaga kita, tinggal diterjemahkan dalam tugas dan tanggungawab kita masing-masing untuk menjaga hutan, agar kedepan tidak menimbulkan bencana bagi kita,” kata Mandacan.

Terpisah, Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo, memberikan apresiasi kepada Lukas Barayap yang berhasil meraih penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup yakni Kalpataru. Menurutnya, penghargaan yang didapat Barayap luar biasa, sehingga warga Manokwari patut berbangga.

“Makanya luar biasa sekali, sebagai sesama warga Manokwari kita patut berbangga kepada Lukas Barayap,” kata Budoyo pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah Barang Milik Daerah (Simda BMD) serta Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pengurus Barang Tahun Anggaran 2019 di Valdos Hotel, Manokwari, Senin (15/7).

Lukas Barayap, kata Budoyo, memiliki kemampuan yang unik karena bisa memanggil ikan dan memberikan perhatian terhadap kelestarian lingkungan di Kampung Bakaro.

“Sekali-sekali harus ke sana (Kampung Bakaro) supaya bisa tau ini yang namanya Lukas Barayap,” tukasnya.

Sebelumnya, Sekda Kabupaten Manokwari, Aljabar Makatita, saat menjadi pembina apel gabungan juga mengajak aparatur sipil Negara (ASN) Pemkab Manokwari memberikan aplaus kepada Lukas Barayap atas prestasi yang telah diraihnya.

Menurut dia, penghargaan itu tidak hanya mengharumkan nama Barayap, tapi juga Kabupaten Manokwari dan Provinsi Papua Barat di tingkat nasional. Penghargaan itu diharapkannya menjadi penyemangat bagi masyarakat Kabupaten Manokwari khususnya dan Papua Barat umumnya untuk tetap menjaga lingkungan masing-masing. (FSM/BNB-R3)  

Dibaca 109 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.