Bronjong Baru Dikerjakan, Dua Tahun Sudah Amblas | Pasific Pos.com

| 5 December, 2019 |

 Bernard J. Lamia Bernard J. Lamia

Bronjong Baru Dikerjakan, Dua Tahun Sudah Amblas

Kota Jayapura Penulis  Senin, 15 Juli 2019 20:10 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA - Pembangunan penahan tanah atau bronjong yang berada di jalan Bhayangkara - Skyline sudah amblas atau runtuh karena curah hujan yang tinggi. Padahal, bronjong ini baru selesai dikerjakan dua tahun.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, Bernard J. Lamia mengatakan, pembangunan bronjong yang amblas sepanjang 15 meter itu dikerjakan pada 2017 menggunakan dana APBD.

"Dikerjakannya bronjong ini karena ada aliran air. Sedangkan di sisi kanan kiri bronjong ada talud yang tidak runtuh. Bronjong itu selesai dikerjakan 2017. Kami bikin ada tiga titik termaksud di jalan Bhayangkara - Skyline itu anggarannya ada Rp2 miliar," ujar Lamia saat ditemui di Kantor BPBD Kota Jayapura, Senin (15/7/19).

Dari sisi teknis, kata Lamia, perlu diperkuat untuk menahan pinggiran jalan. Pasalnya, bronjong yang rubuh menggunakan kawat 6 ml tidak menggunakan tiang pancang untuk mengukur kedalaman air sehingga bertahan lama.

"Kami akan usulkan. Bisa saja PU, bisa saja kami dari BPBD yang kerjakan. Tapi secara teknis itu memang berat," jelasnya.

Meski demikian diakuinya, bronjong yang rubuh tidak mempengaruhi jalan yang baru diresmikan pada awal 2019 karena menggunakan tiang pancang.

"Aman itu, tidak ada masalah. Tidak ada pengaruhnya dengan bronjong yang rubuh itu," jelasnya.

Dibaca 118 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX

Trending Topik