Semua Produk Industri akan Ditampung di KEK | Pasific Pos.com

| 18 October, 2019 |

Semua Produk Industri akan Ditampung di KEK

Papua Barat Penulis  Senin, 15 Juli 2019 03:03 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat, Agustinus Kadakolo mengatakan jika pihaknya diberikan tanggungjawab untuk menyiapkan dermaga. Saat ini, pembangunan dermaga sedang dalam proses dengan lokasi di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Arar, Sorong.

“Kemungkinan tahun 2020 kawasan ini sudah diresmikan dan semua industri ada disana. Memang sudah ada beberapa industri-industri yang sudah disiapkan disana,” kata Kadakolo di halaman kantor Gubernur Papua Barat, pekan lalu.

Menurut dia, semua pusat industri akan ada di KEK. Bahkan, dapat mengimport barang yang belum jadi menjadi barang jadi keluar daerah. Sehingga, saat kembali ke pulau Jawa, container juga akan membawa isi.

Diakui dia, bahwa sejauh ini belum ada pelabuhan-pelabuhan yang dibangun khusus untuk menampung hal-hal itu. Untuk itu, Ia berharap, KEK Sorong dapat menjadi penampungan sementara semua produk barang.

“Selama ini tol laut ke Papua dan Papua Barat saat kembali ke Indonesia Barat tidak membawa apa-apa. Mereka akan rugi karena mereka swasta, maka mereka harus berbicara tentang keuntungan. Kalau di Sorong memang sudah ada pelabuhan, namun yang membangun dan mengelola pelabuhan itu dari kementerian perhubungan dan otoritas pelabuhan,” tukas Kadakolo. [FSM-R3] 

Dibaca 70 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX