Masyarakat Diminta Ikut Menjaga Keamanan Pariwisata Sidey | Pasific Pos.com

| 20 September, 2019 |

Masyarakat Diminta Ikut Menjaga Keamanan Pariwisata Sidey

Papua Barat Penulis  Senin, 15 Juli 2019 03:01 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Faktor keamanan menjadi salah satu factor penunjang kemajuan sektor pariwisata. Oleh karena itu, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Distrik Sidey harus selalu berkolaborasi dengan masyarakat setempat untuk menjaga keamanannya.

“Saya ingatkan kepada kelompok sadar wisata, setelah dikukuhkan bukan berarti hanya mengurus Pantai Sidey, bukan. Kalau seandainya ada ternak yang tertabrak wisatawan yang datang ke Pantai Sidey, jalan langsung dipalang. kelompok sadar wisata ini harus berkoordinasi dengan kepala distrik, Kepala Kepolisian Sub Seckor Sidey dibantu dengan koordinasi Babinsa,” kata Wakil Bupati, Edi Budoyo, usai pengukuhan Pokdarwis Sidey di Pantai Sidey, Distrik Sidey, baru-baru ini.

Menurut Budoyo, keamanan harus dijaga dengan baik agar wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sidey merasa aman dan nyaman. “Jangan sampai di tengah jalan karena ada pemalangan jalan mereka pulang tidak jadi ke Pantai Sidey,” katanya.

Masalah keamanan, kata dia, begitu kompleks. Oleh karena itu, bila ada ada hal-hal yang perlu dikoordinasikan, maka harus dikoordinasikan dengan kepala distrik. Dengan begitu, kepala distrik akan melakukan koordinasi juga dengan kepala kepolisian sub sektor untuk turun ke lapangan mengatasi masalah-masalah keamanan yang sangat urgen.

Memang, katanya, di manapun bila pariwisata berkembang dengan pesat, sektor lain pati akan ikut berkembang. Paling tidak adalah kuliner. “Entah orang jualan nasi atau jajanan, pasti ekonomi bertumbuh dan berkembang karena adanya pariwisata. Tapi kalau sudah mulai berkembang pesat seperti di Bali, mulai penginapan, losmen, tapi makin besar ada hotel,” tuturnya.

Menurutnya, pokdarwis tidak hanya berkoordinasi dengan kepala distrik dalam menjaga keamanan, tapi juga berkolaborasi dengan pemuda dari kampung lain di sekitar Pantai Sidey. “Itu namanya aman secara menyeluruh, sehingga orang yang mau datang ke Pantai Sidey tidak merasa khawatir,” tegasnya.

Budoyo juga menganjurkan agar masyarakat mengurangi konsumsi minuman beralkohol demi keamanan di sekitar Pantai Sidey. Menurut Budoyo, jika pariwisata di daerah itu berkembang dengan baik, maka pertumbuhan ekonomi masyarakat juga akan meningkat. Namun, dia meminta masyarakat agar tidak mematok harga yang terlalu tinggi untuk wisatawan.

“Cari untung sedikit-sedikit tidak apa-apa, tapi kalau rutin akhirnya banyak juga, akhirnya keuntungan menjadi banyak dan mengangkat perekonomian, sehingga masyarakat di Kampung Sidey berkembang. Itu manfaat kelompok sadar wisata untuk mengembangkan pariwisata di daerah ini,” tukasnya. (BNB-R3) 

Dibaca 59 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX