Anggota TNI AD Ikut Sosialisasi HAM | Pasific Pos.com

| 18 November, 2019 |

Anggota TNI saat menyimak materi (foto:ist) Anggota TNI saat menyimak materi (foto:ist)

Anggota TNI AD Ikut Sosialisasi HAM

Papua Selatan Penulis  Minggu, 14 Juli 2019 19:58 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,- Kapolres Merauke melalui Kasubbag Hukum Polres Merauke AKP Nuryanti, SH, MH dan anggotanya memberikan sosialisasi tentang HAM, KUHP dan KUHAP kepada ratusan personil TNI AD, bertempat di aula Batalyon 755/20/3 Kostrad, Jumat 12 Juli 2019 pukul 08.30 WIT. Pemberian sosialisasi tersebut dalam rangka penyiapan Pratugas PAMRAHWAN ( pengamanan daerah rawan ) di PAPUA TA 2019 yang diikuti sebanyak 200 personil TNI-AD dari Batalyon Infanteri 755 Yalet Merauke.

AKP Nuryanti mengatakan bahwa HAM adalah hak yang langsung diberikan Tuhan kepada manusia sebagai hak yang kodrati. Oleh sebab itu tidak ada kekuatan di dunia ini yang bisa mencabutnya. HAM memiliki sifat yang mendasar dan suci. KUHP atau Kitab Undang-undang Hukum Pidana adalah kitab undang-undang hukum yang berlaku sebagai dasar hukum di Indonesia. KUHP merupakan bagian hukum politik yang berlaku di Indonesia dan terbagi menjadi dua bagian: hukum pidana materiil dan hukum pidana formil.

Semua hal yang berkaitan dengan hukum pidana materil adalah tentang tindak pidana, pelaku tindak pidana dan pidana (sanksi). Sedangkan hukum pidana formil adalah hukum yang mengatur tentang pelaksanaan hukum pidana materil dan KUHAP (Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana) atau UU RI No. 8 Tahun 1981 mengatur tentang hukum acara pidana di Indonesia.

“Kepada seluruh personil TNI yang akan melaksanakan tugas di daerah rawan perbatasan RI-PNG harus pedomani HAM, KUHP dan KUHAP,” ungkapnya. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terkait permasalahan-permasalahan yang marak dihadapi oleh petugas di lapangan sebelum di tindak lanjuti oleh pihak kepolisian. Seluruh personil TNI AD yang mengikuti sosialisasi tersebut sangat antusias dengan memberikan banyak pertanyaan.

Dibaca 116 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.