Budiarto:”Target Tiap Kabupaten Satu RKB” | Pasific Pos.com

| 15 October, 2019 |

Manager Digitalisasi and Monetizing Divisi Business Service Telkom Jakarta, Budiarto (foto:iis) Manager Digitalisasi and Monetizing Divisi Business Service Telkom Jakarta, Budiarto (foto:iis)

Budiarto:”Target Tiap Kabupaten Satu RKB”

Papua Selatan Penulis  Minggu, 14 Juli 2019 19:54 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Manager Digitalisasi and Monetizing Divisi Business Service Telkom Jakarta, Budiarto mengemukakan bahwa saat ini total sudah ada 215 Rumah Kreatif BUMN (RKB) di seluruh Indonesia dan ditargetkan setiap kabupaten harus terdapat satu RKB. Telkom sekarang ini memiliki 46 lokasi yang sudah dibangun dari target 49 lokasi yang ada. RKB yang sudah teregister di seluruh Indonesia saat ini mencapai jumlah yang cukup banyak dan sudah masuk pasaran online. Ia mengungkapkan, arah yang ingin dicapai adalah pasar online sehingga lebih meluas dan pasarnya tidak terbatas.

“Jadi banyak keuntungan yang diperoleh sehingga kita perlu membuka diri untuk pasaran online ini. Tidak hanya puas ketika produk yang dipasarkan sudah laku saja karena sebenarnya bisa lebih laris lagi jika dipasarkan secara online,”terangnya pada sosialisasi di hadapan pemilik UKM se-Kota Merauke di Kantor RKB belum lama ini. Lebih lanjut ia menjelaskan, baik fasilitator RKB maupun pengelola UKM dapat melakukan registrasi ke kantor RKB sehingga UKM yang ada dapat terdata secara valid.

Tidak hanya PT.Telkom namun sejumlah BUMN menjalankan rumah kreatif untuk membantu UKM-UKM setempat agar maju dan bagi UKM yang ingin berkembang maka dapat belajar di RKB. Baik dalam hal pemasaran, packaging dan lain-lain karena RKB memang memberikan wadah untuk itu. Semua digratiskan terlebih khusus untuk UKM-UKM lokal sangat diperbolehkan jika ingin belajar bisnis di RKB.

Sementara itu Amadea Sampepadang selaku Fasilitator RKB Merauke menjelaskan bahwa pada awal kehadiran RKB memang belum banyak UKM yang mengetahui sehingga pihaknya gencar turun ke lapangan guna menjemput bola. Jerih payah itu akhirnya membuahkan hasil karena saat ini semakin banyak UKM yang dirangkul dan sudah memahami keuntungan bermitra dengan RKB. “Hampir setiap hari kami melakukan kunjungan guna mensosialisasikan kehadiran RKB di Merauke. Kita juga berkoordinasi dengan Dinkes guna mengontrol UKM yang ada khususnya untuk UKM di bidang kuliner agar selalu higienis,”jelasnya.

Dibaca 109 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX