Anggrek Merauke Diharap Lebih Dikenal | Pasific Pos.com

| 18 October, 2019 |

Ketua DPC Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kabupaten Merauke, Rini Dewarusi Nebore dan Bupati Freddy saat meninjau pameran (foto:iis) Ketua DPC Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kabupaten Merauke, Rini Dewarusi Nebore dan Bupati Freddy saat meninjau pameran (foto:iis)

Anggrek Merauke Diharap Lebih Dikenal

Papua Selatan Penulis  Minggu, 14 Juli 2019 19:51 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Ketua DPC Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kabupaten Merauke, Rini Dewarusi Nebore mengemukakan bahwa anggrek Merauke yang sudah mendunia namun belum mendunia di Kabupaten Merauke sendiri diharapkan lebih dikenal oleh masyarakat dan bersama-sama PAI Merauke melestarikannya sebagai salah satu kekayaan hayati yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan keluarga dan masyarakat. Pihaknya berterima kasih kepada seluruh pengurus PAI Papua yang telah menunjukkan kecintaan kepada anggrek Merauke, selalu memberikan dorongan kepada PAI Merauke untuk bangga memamerkan dan giat melestarikan anggrek asli Merauke.

“Terima kasih juga kepada Pengurus PAI Merauke atas loyalitas dan kerjasamanya berusaha semaksimal mungkin dalam melaksanakan lomba dan pameran anggrek kali ini,”ujarnya pada kegiatan lomba dan pameran anggrek di halaman Kantor Bupati Jumat lalu. Lebih lanjut ia mengungkapkan, dengan mengacu pada visi Kabupaten Merauke yakni ‘Terwujudnya Merauke sebagai kawasan ekonomi perbatasan berbasis pertanian yang strategis dan produkstif, maka DPC PAI Merauke menggelar pameran anggrek dengan maksud mempromosikan potensi anggrek Merauke dan memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat khususnya pecinta anggrek sekaligus memberikan informasi budidaya anggrek yang benar.

Ia menjelaskan, anggrek sebagai tanaman yang hidupnya menumpang ‘epifit’ pada tanaman inangnya yakni pepohonan, kembangnya dapat mekar dalam waktu yang cukup lama. Tidak layu dan sangat mempesona bahkan menggiurkan karena sangat indah. Saat ini sudah banyak anggrek hybrid spesies yang dikembangkan dan diekspor mempunyai nilai jual yang cukup mahal bahkan dapat meningkatkan devisa negara. Tahun ini adalah tahun pertama PAI Merauke melaksanakan lomba dan pameran anggrek dengan mengusung tema ‘Cinta dan lestarikan anggrek spesies selatan Papua. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pecinta anggrek dan tanaman hias Merauke yang telah berpartisipasi dalam lomba kali ini dengan harapan akan mampu menjadi wadah untuk mempromosikan sumber daya alam Merauke ke seluruh pelosok nusantara.

Dibaca 107 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.