Mempertahankan Lahan Pertanian di Distrik Muara Tami | Pasific Pos.com

| 21 August, 2019 |

Kepala Distrik Muara Tami, Supriyanto Kepala Distrik Muara Tami, Supriyanto

Mempertahankan Lahan Pertanian di Distrik Muara Tami

Kota Jayapura Penulis  Rabu, 10 Juli 2019 20:35 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA - Ketersediaan pangan merupakan hal yang penting dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan manusia. Terlebih bagi kebutuhan pangan sebagai kebutuhan dasar manusia sehingga ketersediaan pangan yang cukup, aman dan berkualitas menjadi sebuah keharusan.

Kepala Distrik Muara Tami, Supriyanto mengatakan, untuk menjaga ketersediaan lahan pertanian di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua tidak beralih fungsi menjadi lahan pembangunan maka ada regulasi yang diterapkan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian setempat dengan sistem pergantian lahan baru agar tetap mendukung pertanian.

"Secara regulasi itu, jika satu bidang tanah atau satu hektar digunakan sebagai pembangunan rumah, maka harus disiapkan juga luas yang sama untuk lahan pertanian," kata Supriyanto di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (10/7/19).

Menurut Supriyanto, lahan pertanian yang masih tersedia di Distrik Muara Tami seluas 80 persen yang harus diatur regulasinya agar tidak tumpang tindih seiring dengan meningkatnya pembangunan perumahan di kawasan Distrik Muara Tami.

"Tentunya banyak sosialisasi tentang tata ruang. Mempersiapkan zonasi kota baru seperti apa planning perencanaanya sehingga semua sinergi. Jangan sampai menjadi kota baru tapi tata ruangnya semrawut. Misalnya pusat jasa, pertanian dan pemukiman harus ditata dengan baik," jelasnya.

Dibaca 70 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.