Komisi B DPR-PB Pertanyakan Serapan Anggaran 2019 | Pasific Pos.com

| 9 December, 2019 |

Komisi B DPR-PB Pertanyakan Serapan Anggaran 2019

Papua Barat Penulis  Rabu, 10 Juli 2019 13:41 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Ketua Komisi Anggaran DPR Papua Barat, Jhon Dimara, pertanyakan serapan anggaran APBD 2019 Provinsi Papua Barat.

“Serapan anggaran ini menjadi sorotan bukan hanya kami di DPR, tetapi juga masyarakat,” kata Dimara kepada wartawan di kantornya, Selasa (9/7).

Dirinya yakin, serapan anggaran APBD 2019 Provinsi Papua Barat triwulan 3, sejauh ini masih sangat rendah, karena belum terlihat action pembangunan.

“Bukan saja di DPR tetapi masyarakat juga pasti bertanya sampai dengan bulan begini belum ada action pembangunan di lapangan,” jelasnya.

Ia menilai, serapan anggaran sampai dengan triwulan ketiga ini, seharusnya sudah mencapai 50-60 persen.

Dikatakannya, lambatnya serapan anggaran Pemprov Papua Barat, bukan hal baru, melainkan sudah terjadi berulang-ulang kali.

“Ini sebenarnya hal yang perlu dievalusasi secara menyeluruh oleh kepala daerah. Siapa yang tidak mampu serap anggaran ini siapa. OPD nya atau siapa. Kalau memang pelelangan dari pokja-pokja yang terlambat ini menjadi catatan buat pak Gubernur,” ujar Dimara.

Menurutnya, bila OPD dapat menjalankan tugas dan perannya dengan sangat baik, maka program yang sudah disiapkan sudah bisa berjalan, karena semua OPD sudah memegang dokumen anggaran.

“Kalau pihak ketiga yang dikatakan tidak mampu untuk mengerjakan sesuatu, saya rasa itu tidak mungkin,” imbuhnya.

Ketua Komisi B DPR Papua Barat ini berharap, Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dapat terus mengingatkan dan menekan OPD nya, agar program yang sudah bisa dikerjakan, segera dikerjakan, agar pada akhir tahun anggaran nanti, tidak terdapat sisa anggaran (Silpa) yang cukup besar seperti tahun lalu. [SDR-R1]

Dibaca 105 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.