38 Persen Dana Tambahan Otsus Untuk Bangun Venue PON | Pasific Pos.com

| 15 October, 2019 |

Muhammad Musa'ad Muhammad Musa'ad

38 Persen Dana Tambahan Otsus Untuk Bangun Venue PON

Headline Penulis  Selasa, 09 Juli 2019 20:31 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua memastikan sekitar 38 persen dana tambahan Otsus untuk infrastruktur 2019, bakal diperuntukan membangun sejumlah fasilitas venue Pekan Olahraga Nasional XX 2020 mendatang.

Hal demikian disampaikan Kepala Bappeda Papua Muhammad Musa’ad, ketika diwawancara pers, kemarin.

Menurutnya, pengusulan kurang dari 50 persen dana tambahan Otsus yang sebelumnya salah penyebutan oleh pemerintah pusat (Dana Tambahan Infrastruktur disingkat DTI), telah disetujui pihak kementerian terkait.

Bahkan pembahasan ini turut menghambat proses pencairan dana Otsus 2019, yang sampai saat ini masih berproses di Jakarta.

“Sebab selama ini dana tambahan Otsus untuk infrastruktur dipersempit pada bidang transportasi saja. Padahal sejak 2017 lalu, Pemprov telah mengajukan perluasan penggunaan dana tambahan Otsus diluar bidang transportasi, yakni energi, air bersih dan telekomunikasi”.

“Makanya, sejak 2018 lalu kita diskusikan dengan pusat supaya pada tahun ini, Pemprov bisa gunakan dana tambahan otsus untuk bangun venue. Namun kesepakatannya tak lewat dari 50 persen,” terang ia.

Ia mengakui, mengenai pencairan dana Otsus 2019, sebenarnya sudah turun rekomendasi pencairan dari Kemendagri sejak 25 juni 2019 lalu. Secara prosedur dana Otsus 2019 sudah mesti cair pekan ini.

“Biasanya kalau turun rekomendasi sejak 25 Juni 2019, maka minggu ini sebenarnya sudah bisa ditransfer dari Kemenkeu. Tapi kita harap bisa segera turun termen pertama bulan ini dan akan langsung kami ajukan pencairan termen kedua,” pungkasnya.

Dibaca 126 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.