Launching Puslatda, Papua Barat Siap Menuju Pra PON XX | Pasific Pos.com

| 11 December, 2019 |

Launching Puslatda, Papua Barat Siap Menuju Pra PON XX

Papua Barat Penulis  Selasa, 09 Juli 2019 14:00 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Provinsi Papua Barat terus mematangkan persiapannya menuju perhelatan nasional Pra Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX yang akan dilaksanakan tahun ini. Persiapan besar yang telah dilaksanakan adalah Launching Puslatda Papua Barat yang dilaksanakan di Lapangan Borasi Manokwari, Sabtu (6/7).

Ketua Umum KONI Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan dalam sambutannya mengatakan, setidaknya, saat ini sudah 35 cabang olahraga yang telah terdaftar di KONI Papua Barat, 3 cabor diantaranya baru, yakni Gateball, Ju-Jitsu dan Brits.

Sesuai dengan verifikasi bimpres dan iptek KONI Papua Barat, cabor yang telah terverifikasi sebanyak 22 cabor, dan 13 cabor lainnya masih dalam tahap verifikasi.

Dominggus Mandacan yang juga Gubernur Papua Barat ini, berpesan agar seluruh atlet yang telah dipersiapkan terus berlatih, tidak cepat puas dengan prestasi yang diperoleh saat ini. Tetapi, sebagai atlet harus menjadi patriot olahraga yang tangguh dan memiliki semangat juang yang tinggi demi mengangkat harkat dan martabat anak-anak Papua.

“Semua kepercayaan yang diberikan harus saudara saudari pertanggungjawabkan, jangan menuntut apa yang akan diberikan kepada anda, tetapi apa yang dapat saya berikan bagi tanah ini. Yang jelas, anda berprestasi pasti mendapatkan penghargaan yang setimpal dari masyarakat dan pemerintah provinsi Papua Barat,” kata Mandacan.

Sementara kepada official dan pelatih, Mandacan berpesan agar tidak bosan membina dan melatih anak-anak didiknya. Sebab, aku Mandacan sebagai Gubernur  maupun ketua KONI percaya bahwa masih ada harapan besar dan tidak terlambat meraih prestasi yang terbaik.

Masih dalam sambutannya, Mandacan menegaskan bahwa KONI berwenang dan bertanggungjawab mengelola, membina, mengembangkan dan mengkoordinasikan setiap dan seluruh pelaksanaan kegiatan olahraga prestasi. Untuk itu, diharapka bisa memberikan fasilitas yang terbaik bagi atlet, pelatih dan official sesuai dengan anggaran yang ada.

“Diantaranya, honor yang sesuai ketentuan, memberikan makanan sesuai pola dan gizi serta seimbang,” pesannya.

Diakhir sambutannya Mandacan menegaskan, bahwa saat ini mencari ilmuan hebat anak Papua susah, mencari birokrat dan politisi handal dari Papua sangat sedikit, namun mencari olahragawan hebat anak Papua sangat banyak karena didukung oleh alam. Untuk itu, sebaiknya fokus menjadikan qualitas manusia Papua dari bidang olahraga sebagai sumbangsih terbesar untuk indeks prestasi manusia di Papua Barat yang lebih baik.

Sementara itu, laporan panitia Launching Puslatda Papua Barat yang dibacakan Wakil ketua II KONI Papua Barat, Sugestiono, Launching Puslatda Pra PON XX tahun 2019 dimaksudkan untuk memberikan kepastian kepada masyarakat Papua Barat bahwa Provinsi Papua Barat telah melaksanakan pusat latihan daerah (Puslatda) dan dipastikan siap untuk mengikuti Pra PON XX 2019.

Tujuannya, Sugestiono mengatakan untuk mempersiapkan atlet-atlet Papua Barat menuju Pra PON XX 2019. Puslatda Pra PON XX tahun 2019 dan pelaksanaan Pra PON, anggarannya berasal dari dana hibah Pemprov Papua Barat sesuai dengan APBD Papua Barat.

Disebutkannya 22 cabor yang telah terferivikasi adalah, cabor Judo 5 official dan 9 atlet, dayung 11 official 35 atlet, gulat 7 official 13 atlet, softball 10 official 36 atlet, hocky 11 official 57 atlet, panahan 7 official 24 atlet, atletik 14 official 26 atlet, kempo 8 official 25 atlet, tenis 6 official 11 atlet, bastket 10 official 24 atlet, tenis meja 6 official 16 atlet.

Kemudian, taekwondo 4 official 17 atlet, muaythai 5 official 13 atlet, senam 6 official 6 atlet, bilyard 6 official 10 atlet, takrauw 6 official 22 atlet, bulu tangkis 3 official 9 atlet, dansa 5 official 11 atlet, selam 11 official 20 atlet, renang 6 official 12 atlet, terjun paying 5 official 15 atlet dan gateball 3 official 12 atlet.

“Jumlah official sebanyak 155 orang dan atlet 426 orang. Jumlah ini masih akan mengalami penambahan seiring dengan cabor yang akan terverifikasi,” kata Sugestiono.

Cabor yang belum terverifikasi, sebut dia 11 cabor yakni tinju, PABBSI, silat, balap motor, sepakbola, futsal, karate, bola volley, menembak, layar dan catur.

KEMUDIAN, yang akan mengikuti iksebisi apada PON XX tahun 2020 adalah Ju-Jitsu Papua Barat, dan cabor Brit belum mengajukan susunan tim.

Pada kesempatan ini, Sugestiono juga melaporkan bahwa ada beberapa atlet yang telah lolos ke PON XX tahun 2020, yakni Stevani Mailoa dari cabor Judo serta 4 atlet cabor tenis lapangan putra yang memperoleh rangking nasional baik di kelas perorangan dan ganda putra.

Pantauan Tabura Pos, launching Puslatda diawali dengan jalan santai dengan star dari halaman Rumah Sakit Azhar Zahir AL dan finis di lapangan Borarsi dilanjutkan upacara dan pelepasan balon ke udara oleh Ketua Umum KONI Papua Barat Dominggus Mandacan didampingi Forkopimda Papua Barat.[CR46/RYA-R3]

Dibaca 150 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.