4 Tahun Berjuang Kelola Aset Daerah, Puncak Raih WDP dari BPK Papua | Pasific Pos.com

| 23 August, 2019 |

Bupati Puncak (ketiga dari kiri) saat menandatangani hasil usai meraih status Wajar Dengan Pengecualian (WDP) atas laporan keuangan pemerintah daerah Bupati Puncak (ketiga dari kiri) saat menandatangani hasil usai meraih status Wajar Dengan Pengecualian (WDP) atas laporan keuangan pemerintah daerah

4 Tahun Berjuang Kelola Aset Daerah, Puncak Raih WDP dari BPK Papua

Lintas Daerah Penulis  Sabtu, 06 Juli 2019 16:53 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA - Ini kali pertama Kabupaten Puncak meraih status Wajar Dengan Pengecualian (WDP) atas laporan keuangan pemerintah daerah, setelah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Papua melakukan pemeriksaa terhadap keuangan serta aset pada 29 kabupaten/kota di Papua.

Status WDP ini pun diperoleh Pemerintah Daerah Puncak setelah selama empat tahun berjuang untuk memberikan pelayanan publik serta transparan dalam pelaporan keuangannya.

Menanggapi hal itu, Bupati Puncak Willem Wandik menyampaikan terimakasihnya krpada BPK Provinsi Papua, Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) serta Inspektorat di daerahnya atas kerjasama yang baik selama ini. Ia pun megatakan akan berjuang terus untuk memperbaiki laporan kinerja tersebut agar lebih baik lagi pada tahun berikutnya.

"Ini pertama kali kami mendapatkan WDP. Kami akan berjuang terus untuk memperbaiki laporan kinerja itu, baik aset maupun pertanggungjawaban kegiatan di daerah," kata Bupati Wandik saat ditemui sejumlah wartawan usai mengadiri acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah TA 2018 pada Pemerintah Kabupaten/kota se Provinsi Papua, di Kota Jayapura, beberapa waktu lalu.

Bupati Puncak ini mengaku jika pihaknya sudah mencapai pertanggungjawaban yang benar. Hanya saja, kata dia, yang menjadi kendala selama ini yaitu penanganan aset. Namun berkat koordinasi yang baik dengan OPD, aset itu pun dapat dikelola dengan baik dan mendapat predikat WDP.

"Kami tetap koordinasikan dengan OPD di daerah agar tahun depan dapat mempertahankannya dan bahkan lebih baik. Selama empat tahun terakhir kami berjuang demi mencapai status WDP ini. Dan itu setelah pusat pemerintahan tetap di Illaga," akunya.

Dirinya pun optimis pada 2020 mendatang Kabupaten Puncak dapat meraih predikat yang lebih baik atas penilaian BPK Provinsi Papua. Hal ini melihat semakin lancarnya pelayanan publik di Puncak, mulai dari layanan penerbangan, infrastruktur, layanan komunikasi dan akses internet, listrik serta fasilitas umum lainnya.

Dibaca 60 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.