Dewan Yakin Perdasus Konservasi Tidak Hambat Minat Investor | Pasific Pos.com

| 18 August, 2019 |

Dewan Yakin Perdasus Konservasi Tidak Hambat Minat Investor

Papua Barat Penulis  Jumat, 05 Juli 2019 14:50 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Peraturan daerah khusus (Perdasus) tentang Provinsi Pembangunan Berkelanjutan (Konservasi) dikhawatirkan akan menghambat investor yang akan berinvestasi di Papua Barat.

Pasalnya, dalam Perdasus tersebut mengatur wilayah-wilayah konservasi yang akan dilindungi agar tidak dirusak atau pun tidak dapat disentuh oleh investor dari luar secara bebas.

Dengan begitu, wilayah-wilayah di Papua Barat yang tersedia dan bisa dikelolah oleh investor menjadi lebih terbatas.

Terkait hal itu, anggota DPR Papua Barat, Abraham Goram Gaman, tidak menampik adanya rasa kekhawatiran itu.

Menurutnya, investor mana pun, tentu tidak akan berinvestasi secara besar di Papua Barat, jika dibenturkan dengan persoalan-persoalan di daerah, misalnya sebut dia, persoalan tanah, persoalan regulasi dan persoalan pengelolaan sumber daya alam yang ada.

Akan tetapi, dirinya menilai, Perdasus Provinsi Pembangunan Berkelanjutan, justru dapat menjadi solusi bagi para investor yang ingin menanamkan sahamnya di Papua Barat.

“Investor benar-benar yakin ingin berinvetasi di Papua Barat apabila misalnya persoalan tanah, persoalan pengelolaan sumber daya alam sudah jelas diatur dalam aturan hukum, sehingga mereka (investor) tidak menabrak aturan yang berkonsekunsi hukum kepada mereka,” jelas Goram Gaman kepada wartawan di Kantor DPR Papua Barat, belum lama ini.

Anggota dari Fraksi Otsus ini justru yakin dengan adanya Perdasus Provinsi Pembangunan Berjelanjutan, dapat menarik minat investor untuk berinvestasi di Papua Barat.

Sebab lanjut dia, di dalam Perdasus itu, sudah diatur secara jelas tentang wilayah yang menjadi konservasi yang tidak bisa diganggu.

Dengan demikian, kata dia, investor bisa merasa tenang dalam menjalankan usahanya di Papua Barat.

“Kalau ini sudah terjadi maka peningkatan ekonomi di Papua Barat akan meningkat karena banyak investor yang berinvestasi di Papua Barat baik dari sisi perkebunan, pertanian, pertambangan maupun ekonomi jasa,” terangnya.

Ia menambahkan, Perdasus Provinsi Pembangunan Berkelanjutan atau yang dikenal dengan konservasi memiliki multi impact yang luar biasa. Sehingga, dirinya mengatakan, investor tidak perlu khawatir untuk berinvestasi di Papua Barat. [SDR-R1] 

Dibaca 62 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX