Gubernur Tak Hadiri Sidang APBD Perubahan Dikritik | Pasific Pos.com

| 25 May, 2019 |

Gubernur Tak Hadiri Sidang APBD Perubahan Dikritik

Headline Penulis  Kamis, 06 Agustus 2015 09:02 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,-  Anggota DPR Papua Ruben Magai mengkritik ketidakhadiran Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal pada sidang Paripurna DPR Papua  dalam rangka Pembahasan Raperda Perubahan  APBD  Tahun Anggaran 2015.
Sidang APBD Perubahan yang berlasung, Rabu (5/8) kemarin diwakilkan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Herry  Dosinaen.
“Ketidakhadiran Gubernur dan Wakil Gubernur dalam pembukaan Sidang Paripurna DPR Papua  adalah  sebagai bentuk penilaian  terhadap  kinerja Pemerintah Provinsi Papua yang tidak memiliki wibawah. Ini penilaian saya sebagai Anggota Komisi I dan mantan Ketua Komisi A terhadap kinerja pemerintah daerah,’’ tegasnya.
Menurutnya, sidang hari ini (kemarin) tidak ada wibawah sehingga perlu ditinjau dan dikordinasikan ulang dengan pimpinan dewan.
Menurut Ruben,  dalam pelaksanaan pembukaan sidang,  Gubernur berkewajiban hadir dan apabila  berhalangan  maka dapat  digantikan oleh  Wakil Gubernur sementara  Sekertaris Daerah (Sekda) tidak daapat diperkenankan untuk membuka sidang.
“Gubernur  berkewajiban membuka sidang sidang Paripurna DPR , sehingga harus dibuka oleh Gubernur Papua   atupun paling tidak Wakil Gubernur.  Bukan seorang Sekertaris Daerah, “ tandas Ruben.
Menurutnya,  tugas Sekda hanyalah  untuk menjawab  pandangan atau kritikan  dari Fraksi dan Komisi terkait kinerja Satuan Kerja perangkat daerah (SKPD),  bukan untuk membuka sidang yang merupakan keajiban Gubernur maupun Wakil Gubernur.
“Tugas Sekda  untuk menjawab pandangan Fraksi dan Komisi atas kinerja SKPD  yang dikritisi oleh pandangan Fraksi dan Komisi. Sidang begini bukan pada posisinya Sekda buka sidang, ” ketusnya.
Ruben menambahkan,  seorang Gubernur berkewajiban menyampaikan laporan dalam sidang pembukanaan  dan sidang penutupan,  kecuali berhalangan baru bisa  diwakilkan oleh Wakil Gubernur. (Tiara)

Dibaca 545 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.