Polres Mappi Gelar Lomba Pidato Bhabinkamtibmas | Pasific Pos.com

| 8 December, 2019 |

Polres Mappi gelar lomba pidato Bhabinkamtibmas Polres Mappi gelar lomba pidato Bhabinkamtibmas

Polres Mappi Gelar Lomba Pidato Bhabinkamtibmas

Papua Selatan Penulis  Jumat, 05 Juli 2019 13:25 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura – Polres Mappi menggelar lomba pidato bagi personil Bhabinkamtibmas, Rabu (3/7/2019) dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke- 73 Tahun.

Perlombaan dibuka langsung oleh Kapolres Mappi AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan S.I.K,M.I.K. Peserta lomba perwakilan Bhabinkamtibmas dari 6 Polsek Jajaran dan 2 Pol Subsektor Polres Mappi dengan juri Kasat Binmas dan Kaur Bin Ops Intelkam Polres Mappi.

Dalam sambutannya Kapolres Mappi mengatakan bahwa keberadaan Bhabinkamtibmas di masyarakat ini sangat penting karena pelaksanaan kegiatan Babinkamtibmas yang bertujuan untuk mengupayakan terwujudnya situasi kamtibmas yang mantap dan dinamis akan berpengaruh terhadap masyarakat, baik pengaruh yang bersifat positif maupun negatif. Hal ini disebabkan karena setiap masyarakat punya penilaian yang berbeda – beda terhadap kegiatan Babinkamtibmas khususnya dan Polri umumnya.

"Selain itu juga untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban di masyarakat  memang perlu ada koordinasi dan partisipasi dari semua pihak antara lain pemerintah, instansi samping ( TNI ) dan pihak Kepolisian yang punya wewenang sangat besar dalam memberikan perlindungan, pengangoman dan pelayanan kepada masyarakat serta tak kalah pentingnya adalah partisipasi masyarakat itu sendiri," imbuhnya.

Hal itu bisa terwujud apabila Polri terutama Babinkamtibmas turun langsung kemasyarakat sehingga peran Babinkamtibmas betul-betul dapat dirasakan dan mampu meningkatkan pelayanan masyarakat dan pemecahan masalah (problem solving) di wilayahnya.

"Dan yang tak kalah pentingnya Bhabinkamtibmas harus mempunyai kemampuan membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat,maka dari itu saya menyimpulkan bahwa peran Bhabinkamtibmas itu sangat penting karena merekalah yang menjadi tulang punggung Kamtibmas selama ini," ucapnya.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana lomba, Kasat Binmas Polres Mappi AKP Handriakso mengatakan, bahwa peserta lomba diberi waktu 5-7 menit dalam menyajikan materi pidato, kemudian nantinya peserta bisa memaparkan tugas apa saja yang telah di lakukan dan sejauh mana kreatifitas atau inovasi yang telah di lakukan, cara menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan masing-masing bantuan terkait  dan bagaimana cara memperbaikinya, selain memeriahkan HUT Bhayangkara ke 73, kegiatan lomba Pidato Bhabinkamtibmas tersebut di laksanakan untuk mencari Personil Bhabinkamtibmas yang terbaik.

Kegiatan Lomba Bhabinkamtibmas dalam rangka HUT Bhayangkara Ke 73 ini, bukan sekedar agenda tahunan, akan tetapi dapat dijadikan tolak ukur kemampuan anggota Bhabinkamtibmas dalam menguasai teknologi informasi sehingga materi  penyuluhan disesuaikan dengan perkembangan masyarakat sekarang ini. (Zulkifli)

Dibaca 129 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX