Alumni Dokter FK Uncen, Jadi Dokter Spesialis Mata | Pasific Pos.com

| 21 August, 2019 |

Alumni Dokter FK Uncen, Jadi Dokter Spesialis Mata

Headline Penulis  Kamis, 06 Agustus 2015 08:59 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(1 Voting)

Bandung,- Alumni FK Uncen angkatan 2002, Rabu (5/8) kemarin mencatat sejarah pertama dengan diwisudanya dr. Livia Sp.M pada Program dokter Spesialis Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung Jawa Barat.
Sebanyak 85 orang dokter termasuk didalamnya seorang dokter Alumni FK Uncen angkatan 2002.
Banyak orang yang menganggap belajar Ilmu Kedokteran itu sulit karena banyak teori yang harus dihapal dengan buku-buku diktat yang tebal.
Namun bagi dr. Livia, Sp.M,  belajar Ilmu Kedokteran tidaklah sulit asal ada strateginya.  “Banyak orang yang kira kalau di kedokteran itu kerjanya menghapal. Kalau saya sih sebenarnya tidak terlalu suka menghapal. Jadi lebih baik itu dimengerti materi-materinya,” tutur Livia saat dihubungi via Hp di sela-sela persiapan mengikuti acara wisudanya di Bandung, Rabu (5/02).
Baginya, belajar dilakukan secara rutin, namun tetap diselingi dengan aktivitas lainnya seperti berorganisasi, berkumpul bersama teman, dan istirahat.
Sistem belajar di FK Unpad yang menerapkan student based learning pun sangat membantunya dalam memahami materi pelajaran. Setelah membaca materi yang akan dipelajari, ia pun mendiskusikannya bersama kelompok kecil di kampus dengan didampingi dosen sebagai tutor.
“Tapi kalau misalnya diskusi saja tanpa baca terlebih dahulu itu susah, karena kita enggak tahu apa yang mau didiskusikan. Kita perlu baca dulu, nanti diskusi sama teman-teman jadi lebih nempel, lebih nangkep,” ujar perempuan kelahiran Jakarta, 23 Nopember 1984 ini.
Sementara itu, Dokter Andreas Pekey yang  juga alumni dan mantan ketua senat FK uncen yang dihubungi ketika  menghadiri acara wisuda spesialis mata tersebut menyampaikan bahwa sampai dengan tahun 2015 sudah ada 16 dokter alumni FK Uncen yang sedang mengambil pendidikan spesialisasi dan 2 dokter alumni melanjutkan pendidkan Magister.   Mereka yang mengambil spesialis tersebar di beberapa perguruan tinggi seperti FK UNPAD, FKUI, FK UGM, FK UNS dan FK UNHAS. Sedangkan yang mengambil pendidikan magister  di FK UGM dan Public Healt di Australia.
Dengan demikian mulai tahun 2015 ini satu persatu dokter alumni FK uncen akan menyelsaikan pendidikan spesialis di berbagai keahlian, Ujar dokter asal Paniai yang juga sedang mengambil spesialisasi penyakit dalam di FKUI ini.
Tentu pendidikan butuh pengorbanan baik biaya, tenaga dan waktu, maka kami mohon perhatian dan dukungan semua kalangan termasuk Pemerintah khususnya di Papua.
FK uncen sampai saat ini telah meluluskanlebih dari 100 Dokter umum yang tersebar dan melayani masyarakat tidak hanya di Papua tetapi juga di berbagai daerah di Indonesia.
Kedepan pasti akan menghasilkan lebih banyak lagi tenaga dokter yang akan mengisi kekosongan pelayanan kesehatan. (Hermon)

Dibaca 3790 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.