Tim PKBM Provinsi Papua Barat Tiba di Kaimana | Pasific Pos.com

| 18 October, 2019 |

Tim PKBM Provinsi Papua Barat Tiba di Kaimana

Papua Barat Penulis  Kamis, 04 Juli 2019 16:25 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Kaimana, TP – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kaimana menyambut baik kehadiran tim Pelayanan Kesehatan Berbasis Masyarakat (PKBM) Provinsi Papua Barat untuk melaksanakan misi pelayanan kesehatan di kampung Jarati, Distrik Kaimana Kota, Senin (1-5/7).

Kepala Dinkes Kaimana, Arifin Sirfefa mengakui, pelayanan kesehatan ke masyarakat yang berada di daerah-daerah terisolir sering dilakukan hampir setiap tahun. Akan tetapi, dengan adanya kegiatan PKBM Provinsi Papua Barat akan sangat membantu pemda Kaimana dalam memberikan pelayanan kesehatan warga.

“Artinya teman-teman medis di tingkat provinsi tidak hanya duduk di tempat. Maunya kami yang di provinsi selalu memberikan konseling ketingkat kabupaten/ kota. Mungkin tadinya kegiatan mereka memonitoring kegiatan, tetapi kalau bisa kegiatan mereka pelayanan. Kalau monitoring kegiatan, pencapaian target dari masing-masing bidang biasanya teman-teman dari tingkat provinsi datang langsung ke kantor,” jelas Sirfefa kepada Tabura Pos di ruang kerjanya usai melakukan pertemuan dengan tim PKBM Provinsi Papua Barat, Selasa (2/7).

Ia berharap, kegiatan serupa bisa rutin dilakukan dan ditingkatkan oleh tim kesehatan provinsi dengan datang melihat langsung kondisi daerah Kaimana. “Kondisi daerah Kaimana seperti ini dan harus diperhatikan agar mereka tidak merasa dianaktirikan,” ucapnya.

Ia berharap, melalui kegiatan ini, tim PKBM Papua Barat dapat mengumpulkan data-data terkait kasus-kasus yang terjadi di kampung Jarati. Selain itu, program kegiatan PKBM memberikan dampak positif terhadap pelayanan kesehatan di Kaimana.

“Kalau tim ini sudah turun dan melihat kondisi di lapangan, diharapkan ada masukan-masukan dan langkah-langkah yang diambil di tingkat provinsi serta kabupaten agar dapat mengatasi persoalan kesehatan di kampung Jarati,” kata Sirfefa.

Disinggung penyakit dominan yang ada di kampung Jarati, Sirfefa mengatakan, sesuai dengan data sebelumnya adalah penyakit kulit, filariasis, penanganan ibu melahirkan. “Inilah contoh-contoh kasus yang terjadi di kampung Jarati, dan akan menjadi perhatian serius baik dan perlu ditingkatkan sosialisasi kepada masyarakat,” tukas Sirfefa.

Setibanya Tim PKBM Provinsi Papua Barat di Kabupaten Kaimana sekitar pukul 13.30 WIT, tim langsung menuju Kantor Dinkes Kaimana untuk menyampaikan maksud dan tujuan kedatangnya ke kampung Jarati kepada Kepala Dinkes Kaimana.

Hasilnya, mengetahui bahwa untuk berkunjung ke kampung Jarati menggunakan transportasi laut. Setelah melewati beberapa teluk akan tiba di kampung tersebut, serta menyampaikan kondisi sosial masyarakat di kampung Jarati.

Usai tim PKBM Papua Barat melakukan pertemuan dengan Kepala Dinkes Kaimana, tim masih menunggu hingga gelombang tenang untuk menuju kampung Jarati.[FSM-R3] 

Dibaca 102 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX