Disorda Papua Tes Bakat dan Fisik Atlet Popnas dan PPLP | Pasific Pos.com

| 19 August, 2019 |

Konsultan POPNAS Papua Robby Sudrajat ketika memberikan arahan kepada para pelatih di Buper Waena, Selasa pagi Konsultan POPNAS Papua Robby Sudrajat ketika memberikan arahan kepada para pelatih di Buper Waena, Selasa pagi

Disorda Papua Tes Bakat dan Fisik Atlet Popnas dan PPLP

Olahraga Penulis  Selasa, 02 Juli 2019 20:15 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Ratusan atlet yang dipersiapkan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) dan Pusat Pendidikan Latihan dan Pelajar (PPLP) mengikuti tes bakat dan fisik yang diselenggarakan di Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua di Bumi Perkemahan (Buper) Waena, Selasa (02/07/2019).

Tes yang dipantau langsung oleh para pelatih dan konsultan di ikuti 400 atlet dari 20 cabor POPNAS termasuk 5 cabor PPLP dengan mengikuti 5 tahapan tes yang di kelompokan per cabang olahraga.

“Pelatih sudah diberi penyengaran, jadi tes bakat dan fisik bagi atlet ini beda karena bukan saja untuk POPNAS, tapi jangka panjangnya di PON tahun  2024, sehingga diharapkan ada yang berpotensi kita kelompokan sendiri untuk dikelola nanti oleh konsultan yang dipimpin Pak Paulus Pesurnay dan Pak Roby,” kata Wakil Ketua TC Popnas Papua, Dominggus Lutrun .

Dikatakan setelah atlet menyelesaikan tes. Para pelatih harus menyusun program latihan baik periodisasi, bulanan, mingguan hingga harian kemudian akan kembali dibahas bersama tiap cabor.

Sementara itu, Konsultan POPNAS Papua Robby Sudrajat menambahkan ilmu kepelatihan yang terus terupdate perkembangannya harus di tingkatkan bagi para atlet di Papua untuk mencapai prestasi gemilang.
 
“Masih banyak yang harus ditingkatkan, ilmu kepelatihan itu penting sekali bagi mereka, kita ada disini untuk membantu teman-teman tapi tergantung kemauan mereka saja,” ujarnya.

Diakuinya disiplin para pelatih juga menjadi faktor penting dalam membina dan meningkatkan kemampuan atlet untuk meraih prestasi, yang tentu diperlukan pada test untuk mengetahui kebugaran atlet jelang persiapan POPNAS 2019 Papua.
“Waktu tinggal tiga bulan lagi, kita mau tahu kondisi atlet, cara latih pelatih. Sehingga kita bisa optimalkan dan harus lebih detail 164 sesi latihan dipilah sesuai kondisi atlet saat ini,” ungkapnya.

“Apalagi potensi atlet itu Papua sangat menjanjikan dan sangat besar dari postur, komposisi otot karena langsung dengan alam, tinggal kita mengkemasnya seperti mutiara jika di kemas dan di tempatkan tempat yang bagus dan baik pasti mempunyai nilai dan mahal harganya, sama halnya seperti atlet,” tambahnya.

Disinggung apakah kurangnya kompetisi atau kejuaraan yang diikuti para atlet untuk pembinaan. Ia mengakui bukan soal itu, melainkan harus di design caranya seperti cabor permainan dilakukan kompetisi bersama tim di lakukan selayaknya pertandingan resmi.

Dibaca 90 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX