Dinkes Kota Jayapura Maksimalkan Posyandu | Pasific Pos.com

| 18 September, 2019 |

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari saat diwawancara Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari saat diwawancara

Dinkes Kota Jayapura Maksimalkan Posyandu

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Senin, 01 Juli 2019 20:42 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA - Guna mewujudkan predikat sebagai kota layak lansia, pemerintah Kota Jayapura terus berbenah dengan berbagai fasilitas umum yang diberikan kepada lansia melalui layanan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari di Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (1/7/19) menyatakan hal itu untuk meningkatkan angka harapan hidup di Kota Jayapura.

"Angka harapan hidup sudah 76 persen. Harus ada upaya untuk memberikan perhatian lebih kepada lansia agar hidup mandiri dan tetap produktif," jelas Ni Nyoman.

Menurut Ni Nyoman, layanan kesehatan berlaku bagi semua elemen masyarakat, terutama bagi lansia sebab para lansia akan semakin rentan terhadap berbagai keluhan, baik fisik muupun prikis, tekanan darah, gula hingga kolsterol tinggi.

"Jadi, kami sudah membuka layanan Posyandu lansia seperti senam, cek pemeriksaan darah, dan setiap lansia mendapatkan buku kesehatan lanjut usia dan kartu berobat untuk cek kesehatan di Puskesmas," ujar Ni Nyoman.

Selain fokus memprioritaskan lansia dalam layanan Posyandu, Dinas Kesehatan Kota Jayapura juga memaksimalkan layanan Puskesmas yang ramah lansia sebab itu yang diutamakan.

"Kalau di Puskesmas ada kursi prioritas. Jadi kalau ada pasien usianya 60 tahun ke atas akan mendapat layanan sendiri dengan loket berbeda sebab pelayanan itu kami mengutamakan lansia, difabel, dan ibu hamil. Jadi kalau yang usia muda dan dewasa kalau ngantri jangan marah-marah sebab itu yang kami utamakan," jelas Ni Nyoman.

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru menyatakan kota layak lansia, yaitu dimanapun selalu diutamakan. Rustan memcontohkan, saat lansia berada di dalam taxi umum maupun kereta api selalu ada tempat duduk khusus lansia.

"Kami terus berkomitmen menjadikan Kota Jayapura sebagai kota layak lansia mulai dari palayanan hingga memaksimalkan fasilitas umum," jelas Rustan Saru.

Dibaca 99 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Berita Terkini