47 Calon Taruna Akmil Mengikuti Tes Psikologi | Pasific Pos.com

| 19 September, 2019 |

47 Calon Taruna Akmil Mengikuti Tes Psikologi

Papua Barat Penulis  Sabtu, 29 Jun 2019 13:40 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Panitia Daerah (Panda) Kodam XVIII Kasuari mengadakan tes psikologi terhadap calon taruna Akademi Militer (Akmil) Tahun Anggaran 2019 di Aula Kodam XVIII Kasuari, Kamis (27/6) pagi.

Kapendam XVIII Kasuari, Kolonel Inf. Andi Gus Wulandri mengungkapkan, tes psikologi diikuti 47 calon taruna setelah mengikuti berbagai tahapan seleksi.

Tahapan seleksi itu, ungkap dia, yakni seleksi administrasi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, postur, dan mental ideologi.

“Tujuan diadakan tes psikologi untuk mengungkap banyak hal dari diri calon taruna secara psikis, antara lain kecerdasan, kejujuran, ketelitian, keberanian, minat, bakat, dan ketahanan mental prajurit,” terang Kapendam dalam press release yang diterima Tabura Pos dari Kodam XVIII Kasuari, kemarin.

Menurut Wulandri, tes psikologi untuk menemukan calon taruna yang cocok dan mampu secara psikis menjadi perwira TNI-AD. Lanjut Kapendam, calon yang cocok dan tidak mampu menjadi perwira bisa diungkap dengan jelas melalui tes psikologi.

Ia menambahkan, dengan kata lain, secara umum, tes psikologi sangat menentukan kelulusan dalam seleksi menjadi prajurit TNI, baik AD, AL, dan AU.

“Tes psikologi dapat berbentuk tertulis, visual atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi guna mengukur fungsi kognitif dan emosional para peserta tes,” terangnya. [HEN-R1]

Dibaca 217 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.