Tingkatkan Kualitas Layanan, Telkom Papua Lakukan Ini | Pasific Pos.com

| 18 October, 2019 |

Kantor Telkom Papua. Kantor Telkom Papua.

Tingkatkan Kualitas Layanan, Telkom Papua Lakukan Ini

Ekonomi & Bisnis Penulis  Kamis, 27 Jun 2019 22:02 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura – Meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan, Telkom Papua telah membangun jaringan kabel optik jalur darat Patara (Pantai Utara).

Jaringan kabel optik ini menghubungkan Sentani (Depapre) sampai Sarmi sepanjang 188 Kilometer untuk membackup jaringan kabel optik jalur laut apabila terjadi gangguan.

Manager Consumer Service PT Telkom Papua, Abubakar Bugis mengatakan, dibangunnya jaringan Patara untuk memback up jaringan kabel optik apabila terputus seiring meningkatnya jumlah pelanggan Indihome.

“Pelanggan Indihome dari tahun ke tahun bertambah, sejak diperkenalkan pada tahun 2015, jumlah pelanggan hanya 1500 an, sampai dengan Juni 2019 sudah mencapai 40.000 pelanggan,” ujarnya.

“Kabel optik  jalur laut sering putus kalau terjadi gempa, oleh sebab itu untuk mengatasi gangguan, dibangunlah jaringan kabel jalur darat dari Depapre ke Sarmi agar pelanggan Indihome merasa puas dengan pelayanan yang diberikan Telkom,” kata Abubakar.

Sementara itu, terkait peristiwa gempa di Sarmi beberapa waktu lalu, kata Abubakar, tidak mengganggu jaringan kabel optik milik Telkom lantaran telah didukung dengan jaringan Patara.

“Kami bisa mengetahui tidak ada gangguan karena tidak ada aduan secara massal dari pelanggan. Kalau ada aduan secara massal melalui telepon, 147, Plaza Telkom dan di sistim terlihat gangguan, maka dimungkinkan kabel optik terganggu akibat gempa,” ujar Abubakar, di Kantor Telkom Papua, Rabu (26/6/2019).

Senada dengan Abubakar, Manager Network PT Telkom Papua, Dacosta mengatakan, pasca gempa Sarmi pada 20 Juni 2019, kondisi perangkat jaringan internet seluruhnya aman.
Dia pun menyebut, jika terjadi gangguan ketika loading bagi pelanggan Indihome, hal itu bukan disebabkan jaringan optik gangguan akibat gempa melainkan hanya terganggu secara lokal.

Jarak kabel optik dengan titik gempa, kata Dacosta, cukup jauh mencapai 70 Kilometer. Pemindahan kabel optik sejauh itu dilakukan lantaran kabel optik jalur laut telah berulang kali putus. (Zulkifli)

Dibaca 159 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX