Dipertanyakan Penutupan Tempat Karaoke di Wilayah Nabire Kota | Pasific Pos.com

| 20 September, 2019 |

Dipertanyakan Penutupan Tempat Karaoke di Wilayah Nabire Kota

Beri rating artikel ini
(0 voting)

NABIRE - Terhitung mulai Selasa tanggal 25 Juni 2019 kemarin, sejumlah tempat hiburan karaoke di wilayah perkotaan Nabire resmi dinyatakan tutup sementara waktu hingga batas waktu yang belum ditentukan. Terkait hal ini sejumlah pihak banyak bertanya-tanya, bahkan pelaku usaha dimaksud sempat bingung dan merasa dirugikan.

Media ini mencoba mengkonfirmasikan ke pihak Pemda Nabire perihal adanya penutupan sementara sejumlah usaha karaoke yang ada di Distrik Nabire tersebut. Namun hingga berita ini ditulis, baik Bupati Nabire hingga instansi terkait dalam hal ini Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Setda Nabire selaku pihak yang diperintahkan untuk melaksanakan instruksi tersebut belum dapat ditemui dan dikonfirmasikan, termasuk pihak Polres Nabire.

Saat media ini akan mengkonfirmasi kepada pihak Satpol PP, sambungan telepon belum dijawab. Pesan pendek yang dikirim pun belum ada jawaban. Saat media ini mengkonfirmasi kepada Sekda Nabire melalui pesan pendek, Sekda Nabire mengaku belum tahu terkait hal ini karena sedang dinas ke luar daerah sejak hari Minggu lalu.
“Saya lagi di luar daerah dari hari Minggu, saya belum tahu informasi itu,” tulis Sekda I Wayan Mintaya dalam pesan pendeknya yang diterima media ini.

Seperti dikabarkan sebelumnya, penutupan sementara tempat hiburan karaoke, khususnya yang ada di Distrik Nabire kota tersebut dilaksanakan berdasarkan Instruksi Bupati Nabire nomor : 330/1348/SET tentang Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang ditujukan kepada para pengusaha hiburan karaoke sekabupaten Nabire.

Belum diketahui secara rinci apa alasan mendasar penutupan sementara tempat karaoke tersebut. Mengapa baru kali ini serta tidak diterapkan untuk seluruh wilayah hukum di Nabire, hanya untuk di Distrik Nabire saja. Sementara masyarakat dan kita ketahui bersama (bukan rahasia umum lagi), tempat hiburan karaoke bukan hanya di Distrik Nabire, di Distrik Teluk Kimi juga ada, tepatnya di Lokalisasi Samabusa.

Media online Nabire.net dalam tulisannya sempat juga mempertanyakan hal tersebut. Disebutkan hiburan memang sangat dibutuhkan oleh warga Nabire. Baik hiburan yang bisa dinikmati semua umur, maupun hiburan dalam tanda kutip yang berkonotasi negatif. Siapa tak tahu dengan Lokalisasi Samabusa Nabire yang telah lama menjadi tempat yang paling dinikmati para pecinta hiburan malam di Nabire.

Sudah tiga dasawarsa, Lokalisasi Samabusa Nabire menjadi pilihan utama bagi para pecinta hiburan malam di Nabire, baik sekedar berkaraoke maupun menikmati minuman keras hingga mencicipi penjaja seks komersil yang memang dipusatkan di tempat ini.

Selain Lokalisasi Samabusa Nabire, hiburan malam lainnya mulai menjamur di Nabire, seperti Cafe maupun Tempat Karaoke. Ada yang menjalankan bisnisnya sesuai regulasi. Namun ada juga yang dituding masyarakat menjalankan bisnisnya berkedok layanan plus-plus.(wan/ist)

Dibaca 204 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.