Prodi D3 Jurusan Kebidanan Poltekkes Gelar Upacara Kepanitraan Pratika Klinik | Pasific Pos.com

| 17 September, 2019 |

Prodi D3 Jurusan Kebidanan Poltekkes Gelar Upacara Kepanitraan Pratika Klinik

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Rabu, 26 Jun 2019 20:43 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

   Jayapura,- Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura menggelar upacara Kepanitraan Pratika Klinik bagi 58 mahasiswa Program studi (Prodi) D3 Kebidanan. Wadir III Poltekkes Kemenkes Jayapura, Dr. Ester Rumaseb, S.Pd.,M.Kes melalui sambutannya mengatakan, menghasilkan tenaga Ahli Madya Kebidanan sebagai tenaga profesional untuk menghadapi berbagai persoalan kesehatan di masyarakat khususnya persoalan kesehatan bidang kesehatan ibu dan anak  merupakan salah satu tujuan pendidikan Program studi (Prodi) D3 Kebidanan.

   Dengan demikian, hari ini Jurusan Kebidanan menggelar upacara Kepanitraan Pratika Klinik (Kepping Day) bagi 58 mahasiswa Prodi Prodi D3 Kebidanan dan disini mahasiswa akan sumpah janji untuk turun praktek di lapangan sehingga kita berharap mahasiswa setelah sampai di lahan praktek lakukan pelayanan kesehatan sesuai dengan yang sudah diajarkan oleh Bapak/Ibu dosen. “Ingat, lakukan pelayanan kesehatan dengan baik dan jaga nama baik almamater,” harap Wadir 3 Poltekkes Kemenkes Jayapura.

   Ketua Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jayapura, Ruth Yogi, SST.,M.Kes mengatakan, pelaksanaan upacara kepanitraan pratika klinik bagi 58 mahasiswa Prodi D3 Kebidanan hari ini ketika mereka hendak turun melakukan praktek di Rumah Sakit (RS). Ke-58 mahasiswa Prodi D3 Kebidanan telah memenuhi syarat untuk turun praktek di lapangan. “Mereka sudah lalui proses pendidikan, dimana mulai dari proses pendidikan dengan ketentuan SKS semester I sebanyak 20 SKS dan semester II 19 SKS, jadi totalnya ada 39 SKS”.

   “Jadi kita berharap mahasiswa setelah sampai di lahan praktek dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah mereka dapatkan, ini harapan kita di jurusan,” ujar Ketua Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jayapura. Sementara itu, Ketua Prodi D3 Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jayapura, Muji Lestari, S.Si.,M.Kes mengatakan, mahasiswa semester II dan akan memasuki semester III ini yang tadinya masuk sebanyak 67 orang tapi sekarang 9 orang tidak aktif, maka diharapkan mahasiswa yang tidak aktif itu jangan sampai tambah lagi.

   Ke 9 mahasiswa yang tidak aktif ini tentu karena ada masalah sehingga kami harap pengawasan dari orang tua. Kami sebagai dosen akan terus memperhatikan mahasiswa, baik melalui dosen pembimbing maupun dosen di jurusan supaya ke-58 mahasiswa ini bisa sampai ke semester VI hingga tamat, dan kalau bisa, yang 9 mahasiswa tidak aktif ini juga bisa mengikuti proses pendidikan, kami sebagai dosen akan membantu memberikan solusi yang terbaik,” ujar Ketua Prodi D3 Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jayapura.

   Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Bidan Indonesia (DPD IBI) Provinsi Papua, Anike Rawar, A.M.Keb mengatakan, pertama-tama patut kita memanjatkan puji dan syukur kepada Yang Maha Kuasa atas kemurahan-Nya. DPD IBI Provinsi Papua mengucapkan Selamat dan Sukses kepada 58 mahasiswa calon tenaga bidan di Indonesia terutama di Papua. Juga IBI Papua menyampaikan terima kasih kepada Poltekkes Kemenkes Jayapura yang terus menghasilkan calon-calon tenaga bidan dalam setiap tahun. Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jayapura terus mencetak calon-calon tenaga bidan dalam setiap tahun ini menurut saya luar biasa.

   “Terima kasih, semoga institusi ini kedepan terus maju di tanah Papua. Kepada 58 mahasiswa, saya berharap setelah sampai di lahan praktek dapat melakukan sesuai apa yang sudah diajarkan oleh Bapak/Ibu dosen, ini harapan saya,” terang Anike Rawar yang juga Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Papua itu kepada wartawan usai menghadiri kegiatan upacara Kepping Day, Prodi D3 Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jayapura, bertempat di lt3 Auditorium Kantor Rektorat Poltekkes Kemenkes Jayapura, akhir pekan kemarin. (Hendry Holago).

Dibaca 131 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX