Nabire Ikut Pilkada Serentak 2020 | Pasific Pos.com

| 14 November, 2019 |

Nabire Ikut Pilkada Serentak 2020

Beri rating artikel ini
(0 voting)

NABIRE – Kabupaten Nabire merupakan salah satu kabupaten yang akan ikut dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada tahun 2020 mendatang. Data dari Kapuspen Kemendagri, Pilkada Serentak tahun 2020 mendatang akan diikuti sebanyak 270 daerah. Masing-masing 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

"Pada tahun 2020, Pilkada akan diikuti 270 daerah," terang Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Bahtiar dalam keterangan tertulis, Kamis (13/6) pekan lalu.

Data yang dihimpun media ini, untuk wilayah Provinsi Papua akan ada 11 kabupaten yang akan menggelar Pilkada Serentak tahun 2020. Kesebelas kabupaten itu masing-masing Kabupaten Nabire, Waropen, Supiori, Boven Digoel, Merauke, Pegunungan Bintang, Asmat, Yahukimo, Keerom, Membramo Raya, dan Yalimo.

Sementara untuk wilayah Provinsi Papua Barat akan ada 9 kabupaten yang akan ikut dalam Pilkada Serentak tahun 2020 mendatang. Masing-masing Kabupaten Manokwari, Fakfak, Sorong Selatan, Raja Ampat, Kaimana, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Pegunungan Arfak, dan Manokwari Selatan.

Terkait dengan pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020, dari data yang dihimpun media ini, KPU RI pada tanggal 24 Juni 2019 lalu juga telah melakukan uji publik Rancangan Peraturan KPU RI tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Nabire, Wihelmus Degei saat dikonfirmasi media ini melalui pesan pendeknya mengiyakan jika pihaknya akan melakukan persiapan-persiapan awal. Ditanya rinci soal persiapan apa yang sudah dilakukan, jawab dia, akan diinformasikan lebih lanjut.


Coblos 23 September 2020

Dalam uji publik Rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan walikota dan wakil walikota tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana menggelar Pilkada Serentak pada 23 September. Dari proses uji publik ini, KPU berharap mendapat masukan mengenai rancangan PKPU dari pihak terkait untuk selanjutnya dijadikan bahan bagi KPU, pemerintah, dan DPR.


Daerah Peserta Pilkada Serentak 2020

Berikut daerah-daerah yang akan menggelar Pilkada Serentak tahun 2020.

Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur akan diikuti oleh 9 provinsi, masing-masing oleh Provinsi Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Papua masing-masing Kab. Boven Digoel, Kab. Merauke, Kab. Pegunungan Bintang, Kab. Asmat, Kab. Nabire, Kab. Waropen, Kab. Yahukimo, Kab. Keerom, Kab. Supiori, Kab. Membramo Raya, Kab. Yalimo.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Papua Barat masing-masing Kab. Manokwari, Kab. Fakfak, Kab. Sorong Selatan, Kab. Raja Ampat, Kab. Kaimana, Kab. Teluk Bintuni, Kab. Teluk Wondama, Kab. Pegunungan Arfak, Kab. Manokwari Selatan.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Sumatera Utara masing-masing Kota Medan, Kab. Tapanuli Selatan, Kota Binjai, Kab. Serdang Bedagai, Kab. Toba Samosir, Kota Sibolga, Kab. Labuhan Batu, Kab. Pakpak Bharat, Kab. Humbang Hasundutan, Kab. Asahan, Kab. Mandailing Natal, Kab. Samosir, Kab. Karo, Kota Tanjung Balai, Kab. Nias, Kab. Nias Selatan, Kab. Simalungun, Kab. Labuhanbatu Selatan, Kab. Labuhanbatu Utara, Kab. Nias Utara, Kab. Nias Barat, Kota Gunung Sitoli, Kota Pematangsiantar.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Sumatera Barat masing-masing Kab. Solok, Kab. Agam, Kab. Pasaman, Kab. Lima Puluh Kota, Kota Solok, Kab. Dharmasraya, Kota Bukittinggi, Kab. Solok Selatan, Kab. Pasaman Barat, Kab. Padang Pariaman, Kab. Sijunjung, Kab. Tanah Datar, Kab. Pesisir Selatan.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Riau masing-masing Kab. Indragiri Hulu, Kota Dumai, Kab. Bengkalis, Kab. Kuatan Singingi, Kab. Siak, Kab. Rokan Hilir, Kab. Rokan Hulu, Kab. Pelalawan, Kab. Kepulauan Meranti.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Jambi masing-masing Kab. Tanjung Jabung Barat, Kab. Batanghari, Kab. Bungo, Kab. Tanjung Jabung Timur, Kota Sungai Penuh.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Sumatera Selatan masing-masing Kab. Ogan Komering Hulu, Kab. Oku Selatan, Kab. Ogan Ilir, Kab. Oku Timur, Kab. Musi Rawas, Kab. Penukal Abab Lematang Ilir, Kab. Musirawas Utara.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Bengkulu masing-masing Kab. Seluma, Kab. Kaur, Kab. Rejang Lebong, Kab. Kepahiang, Kab. Lebong, Kab. Mukomuko, Kab. Bengkulu Selatan, Kab. Bengkulu Utara.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Lampung masing-masing Kab. Lampung Selatan, Kota Metro, Kab. Way Kanan, Kab. Lampung Timur, Kota Bandar Lampung, Kab. Lampung Tengah, Kab. Pesawaran, Kab. Pesisir Barat.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Bangka Belitung masing-masing Kab. Bangka Tengah, Kab. Belitung Timur, Kab. Bangka Barat, Kab. Bangka Selatan.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Kepulauan Riau masing-masing Kab. Lingga, Kab. Bintan, Kab. Karimun, Kab. Natuna, Kota Batam, Kab. Kepulauan Anambas.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Jawa Barat masing-masing Kab. Sukabumi, Kab. Bandung, Kab. Indramayu, Kab. Cianjur, Kab. Tasikmalaya, Kab. Karawang, Kota Depok, Kab. Pangandaran.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Jawa Tengah masing-masing Kota Pekalongan, Kab. Pekalongan, Kota Semarang, Kab. Semarang, Kota Magelang, Kab. Kebumen, Kab. Rembang, Kota Surakarta, Kab. Purbalingga, Kab. Boyolali, Kab. Blora, Kab. Kendal, Kab. Sukoharjo, Kab. Wonosobo, Kab. Wonogiri, Kab. Purworejo, Kab. Sragen, Kab. Klaten, Kab. Pemalang, Kab. Grobogan, Kab. Demak.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Yogyakarta masing-masing Kab. Sleman, Kab. Gunung Kidul, Kab. Bantul.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Jawa Timur masing-masing Kab. Ngawi, Kab. Jember, Kab. Lamongan, Kab. Ponorogo, Kota Blitar, Kab. Blitar, Kab. Situbondo, Kab. Kediri, Kab. Sumenep, Kota Surabaya, Kota Pasuruan, Kab. Gresik, Kab. Malang, Kab. Mojokerto, Kab. Pacitan, Kab. Trenggalek, Kab. Sidoarjo, Kab. Tuban, Kab. Banyuwangi.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Banten masing-masing Kota Cilegon, Kab. Serang, Kab. Pandeglang, Kota Tangerang Selatan.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Bali masing-masing Kab. Karang Asem, Kab. Badung, Kab. Tabanan, Kota Denpasar, Kab. Bangli, Kab. Jembrana.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi NTB masing-masing Kab. Sumba Barat, Kab. Manggarai Barat, Kab. Sumba Timur, Kab. Manggarai, Kab. Ngada, Kab. Belu, Kab. Timor Tengah Utara, Kab. Sabu Raijua, Kab. Malaka.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Kalimantan Barat masing-masing Kab. Kapuas Hulu, Kab. Ketapang, Kab. Sekadau, Kab. Bengkayang, Kab. Melawi, Kab. Sintang, Kab. Sambas.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Kalimantan Tengah masing-masing Kab. Kotawaringin Timur, Kalimantan Selatan, Kab. Banjar, Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, Kab. Tanah Bumbu, Kab. Kotabaru, Kab. Balangan, Kab. Hulu Sungai Tengah.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Kalimantan Timur masing-masing Kab. Kutai Kartanegara, Kab. Paser, Kab. Berau, Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kab. Kutai Timur, Kab. Kutai Barat, Kab. Mahakam Ulu.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Kalimantan Utara masing-masing Kab. Bulungan, Kab. Nunukan, Kab. Malinau, Kab. Tana Tidung.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Sulawesi Utara masing-masing Kota Tomohon, Kab. Minahasa Utara, Kab. Minahasa Selatan, Kota Manado, Kota Bitung, Kab. Bolmong Timur, Kab. Bolmong Selatan.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Sulawesi tengah masing-masing Kab. Poso, Kab. Toli-Toli, Kab. Tojo Una-Una, Kota Palu, Kab. Banggai, Kab. Sigi, Kab. Banggai Laut, Kab. Morowali Utara.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Sulawesi Selatan masing-masing Kab. Pangkajene Kepulauan, Kab. Barru, Kab. Gowa, Kab. Maros, Kab. Soppeng, Kab. Luwu Timur, Kab. Luwu Utara, Kab. Bulukumba, Kota Makassar, Kab. Tana Toraja, Kab. Kepulauan Selayar, Kab. Toraja Utara.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Sulawesi Tenggara masing-masing Kab. Konawe Selatan, Kab. Muna, Kab. Wakatobi, Kab. Buton Utara, Kab. Konawe Utara, Kab. Kolaka Timur, Kab. Konawe Kepulauan.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Gorontalo masing-masing Kab. Bone Bolango, Kab. Gorontalo, Kab. Pohuwato.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Sulawesi barat masing-masing Kab. Mamuju, Kab. Majene, Kab. Mamuju Utara, Kab. Mamuju Tengah.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Maluku masing-masing Kab. Seram Bagian Timur, Kab. Kepulauan Aru, Kab. Maluku Barat Daya, Kab. Buru Selatan.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk Provinsi Maluku Utara masing-masing Kota Ternate, Kab. Halmahera Utara, Kab. Halmahera Selatan, Kab. Halmahera Timur, Kab. Halmahera Barat, Kab. Kepulauan Sula, Kota Tidore Kepulauan, Kab. Pulau Taliabu.

Semula jumlah daerah yang mengikuti Pilkada Serentak tahun 2020 hanya 269 daerah. Bertambah satu yakni Kota Makassar karena Pilkada sebelumnya dimenangkan oleh kotak kosong. (ros/ist)

Dibaca 200 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.