Pansus LKPj Sampaikan 23 Rekomendasi | Pasific Pos.com

| 22 October, 2019 |

Pansus LKPj Sampaikan 23 Rekomendasi

Papua Barat Penulis  Senin, 24 Jun 2019 09:51 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Guna mengkaji dan membedah Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Manokwari Tahun Anggaran 2018, DPRD Kabupaten Manokwari membentuk panitia khusus (Pansus) dan telah bekerja melaksanakan tugas dan menghasilkan 23 rekomendasi untuk dilaksanakan oleh Pemkab Manokwari.

Hasil kerja Pansus LKPj telah menyerahkan rekomendasi tersebut kepada Pemkab Manokwari dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Manokwari, Jumat (21/6). Sebelum diserahkan, Ketua Pansus LKPj, Elly Wanma membacakan rekomendasi-rekomendasi tersebut.

Rekomendasi itu di antaranya meminta OPD pada sektor prioritas untuk lebih fokus dan berkonsentrasi pada upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan standar pelayanan minimum. Meminta OPD yang terkait dengan sector unggulan utama peningkatan PAD agar lebih focus dan berkonsentrasi menggali dan mengembangkan sumber-sumber pendapatan baru. OPD juga diminta secara sungguh-sungguh melakukan pangawasan internal terhadap kinerja aparat dan penegakan aturan secara tegas terhadap aparat yang melakukan pelanggaran.

Rekomendasi lainnya, meminta bupati memperhatikan kinerja setiap OPD yang setiap tahun tidak akurat dalam penganggaran kegiatan dan penghitungan anggaran sehingga banyak kegiatan yang tidak terealisasi yang berakibat pada adanya Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA).

“Perlunya pengawasan dalam pelepasan dan penggunaan aset pemerintah daerah. Termasuk mekanisme dan persyaratan baik yang sudah ditetapkan maupun yang sementara berproses agar tidak menimbulkan penyimpangan dan kerugian bagi daerah,” kata Wanma.

Pansus juga merekomendasikan kepada pemerintah daerah untuk memperhatikan pemerataan guru pada sekolah-sekolah khususnya pada daerah terpencil. Selain itu, sebagai daerah wisata, factor kebersihan menjadi hal pokok yang perlu mendapatkan perhatian dari Pemkab Manokwari.

Selain itu, pemda juga disarankan untuk mengalokasikan anggaran dalam APBD untuk kebersihan lingkungan pada setiap kelurahan/kampung.

Berikutnya, penertiban kos-kosan juga perlu mendapat perhatian dari pemerintah daerah agar keberadaannya tidak menganggu ketenangan masyarakat sekitar dan menambah PAD. Pansus juga merekomendasikan agar pemberantasan narkoba dan penyakit sosial masyarakat lainnya untuk mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah yang pelaksanaannya dimulai dari penyelenggara pemerintahan dan seluruh aparatur daerah.

Pansus, lanjut Wanma, menyampaikan kepada Bupati Manokwari agar melaksanakan setiap rekomendasi yang telah disampaikan oleh DPRD Kabupaten Manokwari. (BNB-R3)

Dibaca 97 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX