PPID Papua Barat Butuh SDM yang Ahli | Pasific Pos.com

| 17 November, 2019 |

PPID Papua Barat Butuh SDM yang Ahli

Papua Barat Penulis  Senin, 24 Jun 2019 09:46 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik Provinsi Papua Barat telah mengambil alih Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumen (PPID) dari Biro Humas dan Protokoler setda Papua Barat.

Kepala Dinas Kominfo, Persandian, dan Statistik, Provinsi Papua Barat, Frans P. Istia mengatakan, meski pihaknya telah mengambil alih kewenangan PPID, namun pihaknya masih membutuhkan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih handal.

“Kalau kita berkaca dari beberapa PPID yang sudah maju seperti di Jawa Timur, atau mungkin di Sulawesi, PPID mereka sudah cukup baik karena telah didukung oleh SDM sekitar 10 ASN yang handal yang memback-up. Tapi kita di Papua Barat tidak ada sama sekali,” ujar Istia kepada wartawan di halaman kantor Gubernur Papua Barat, Jumat (21/6).

Agar tetap program PPID Papua Barat berjalan baik, Istia mengatakan, pihaknya mengambil kebijakan memberdayakan pegawai yang ada dan sebagian besar masik berstatus sebagai tenaga honorer.

Untuk memenuhi kebutuhan SDM, Istia mengatakan, pihaknya sudah mengajukan permohonan kepada Sekda Papua Barat agar ada penempatan-penempatan ASN di Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik terutama bagi mereka yang mempunyai kualifikasi tertentu dibidang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).

“Kalau bisa ada ASN yang ditempatkan disana agar kita dapat melaksanakan tanggungjawab kita. Sebab ada 3 sektoral yang dinas Kominfo harus pertanggungjawabkan dan tidak dapat dikerjakan maksimal tanpa dukungan SDM yang handal dan ahli di bidangnya,” ujar dia.

Ketiga sectoral itu adalah pengelolaan data sektoral Papua Barat, pengelolaan TIK dan ahli di bidang jaringan yang akan bekerja pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Banyak urusan dan tanggungjawab yang dipegang Kominfo dan hal itu harus didukung dengan tenaga yang cukup dan memiliki SDM yang maksimal,” Istia. [FSM-R3]

Dibaca 127 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.