Pemprov Papua Barat Dorong Transfer Dana Otsus Dilakukan 2 Tahap | Pasific Pos.com

| 16 December, 2019 |

Pemprov Papua Barat Dorong Transfer Dana Otsus Dilakukan 2 Tahap

Papua Barat Penulis  Senin, 24 Jun 2019 09:46 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Pembagian dana otonomi khusus (otsus) 10 persen untuk tingkat provinsi dan 90 persen di tingkat kabupaten/ kota, pembagiannya dilakukan bervariasi khusus untuk kabupaten kota berdasarkan indikator yang telah ditetapkan.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Papua Barat, Musa Kamudi mengatakan, pembagian dana otsus 10: 90 persen ini dilakukan berdasarkan indikator di masing-masing kabupaten.

Misalnya, sebut Kamudi Indeks tentang jumlah penduduk Orang Asli Papua (OAP), apabila kabupaten tersebut memiliki OAP yang jumlahnya lebih banyak, maka presentasi dana otsusnya juga besar.

Berikutnya, dilihat dari indeks luas wilayah, dan indeks kemahalan bahan pokok, indeks pembangunan manusia dan indeks kepatuhan. “Kami masukkan indeks kepatuhan karena indeks ini dapat mempengaruhi indeks transfer dana berikutnya. Sebab, dana otsus dari pusat tidak turun 1 kali tetapi dilakukan secara bertahap tergantung tingkat kepatuhan terhadap laporan pertanggungjawaban kita,” kata Kamudi kepada Tabura Pos di ruang kerjanya, belum lama ini.

Menurut dia, apabila dalam laporan pertanggungjawaban pengelolaan dana otsus terlambat, dapat mempengaruhi tranfer dana otsus berikutnya. “Hal inilah yang membuat kita masukkan indeks kepatuhan dalam indikator pembagian dana otsus 90 persen ke kabupaten/kota. Sehingga, kalau ada kabupaten kota yang selama ini mengabaikan pelaporan, maka akan dapat mempengaruhi penerimaan dana otsus di daerah,” tukasnya.

Untuk itu, Ia berharap tahapan-tahapan pelaksanaan dan pelaporan pengelolaan dana otsus tidak mengalami keterlambatan, karena bisa mempengaruhi penyaluran dana berikutnya.

“Memang kami sudah usul, bayangkan saja dana otsus ini turun hingga 4 tahapan, tahap terakhir di bulan Desember. Sementara siklus anggaran kita dihitung mulai Januari-Desember, kita usulkan transfer dana turun hingga 3 tahapan saja. Tetapi kita kembali berharap ke depan transfer dana otsus dilakukan 2 tahap saja agar tidak lagi diturunkan pada akhir tahun,” pungkas dia.[FSM-R3]

Dibaca 140 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.