70 Kampung di 7 Distrik akan Pemilihan Kepala Kampung Serentak | Pasific Pos.com

| 21 September, 2019 |

70 Kampung di 7 Distrik akan Pemilihan Kepala Kampung Serentak

Papua Barat Penulis  Sabtu, 22 Jun 2019 09:01 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Kampung di Distrik Sidey ada yang debat kandidat



Manokwari, TP – Sebanyak 70 kampung yang tersebar di tujuh distrik di Kabupaten Manokwari akan menggelar pemilihan kepala kampung secara serentak, Selasa pekan depan.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Manokwari, Jefry Jacob Sahuburua mengatakan, persiapan pemilihan kepala kampung serentak sudah matang dan tinggal pelaksanaannya saja.

Dikemukakannya, ada dua distrik yang tidak melaksanakan pemilihan kepala kampung serentak, yakni Distrik Manokwari Utara dan Distrik Manokwari Selatan. “Untuk kesiapan, kemarin kita sudah mengundang kepala distrik, kita rapat mengecek kesiapan dari kampung-kampung dan dari tujuh distrik itu semuanya sudah siap melaksanakan,” kata Sahuburua kepada wartawan di kantor DMPK Kabupaten Manokwari, Jumat (21/6).

Sesuai rencana, pemilihan kepala kampung serentak untuk 70 kampung tersebut dilaksanakan pada 25 Juni dan akan dilaksanakan di masing-masing kampung. “DPT-nya (Daftar Pemilih Tetap) juga ikut DPT yang kemarin di Pilpres maupun Pileg,” katanya.

Untuk memastikan kesiapan, lanjutnya, sehari sebelum pemilihan atau Senin pekan depan dirinya akan turun lagi ke distrik-distrik yang akan melaksanakan pemilihan kampung serentak untuk mengecek kesiapan terakhir.

Terkait persyaratan calon kepala kampung, dia mengatakan, pihaknya mengikuti syarat yang diturunkan dari kementerian. Soal adanya kepala kampung yang belum lancar membaca dan menulis, dia juga mengakuinya karena kepala kampung dijabat secara turun temurun dari orangtua ke anaknya.

“Kita mau mengubah itu di kampung juga susah, tapi yang penting pelaksanaan pemerintahan bisa berjalan dengan baik. Itu yang kita harapkan,” katanya.

Mengenai calon, dia mengatakan, calon terbanyak ada di salah satu kampung di Distrik Prafi dengan jumlah calon kepala kampung sebanyak enam orang. Bahkan, di Distrik Sidey, ada kampung yang menggelar debat kandidat kepala kampung.

“Kebetulan saya tidak bisa hadir, Kepala Bidang Pemerintahan Kampung yang hadir pada saat debat kemarin,” sebutnya.

Dia menyebut pelaksanaan debat kandidat itu sebagai hal yang luar biasa. Sebab, dengan debat masyarakat akan memiliki gambaran mengenai calon yang akan dipilih. “Jadi luar biasa, tahapan-tahapan dilaksanakan,” sebutnya.

Pihaknya, kata dia, sebenarnya mengharapkan adanya debat kanndidat juga di kampung-kampung lain. Hanya saja, kondisi kebanyakan kampung belum memungkinkan untuk melaksanakan tahapan itu.

“Kita maklumi saja. Kemarin di tahapan terakhir mereka penyampaian visi-misi sekalian debat,” pungkasnya. (BNB-R3)

Dibaca 87 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.