Menpora Ungkap Presiden Akan Putuskan Dua Inpres Demi Suksesnya PON Papua | Pasific Pos.com

| 16 September, 2019 |

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi

Menpora Ungkap Presiden Akan Putuskan Dua Inpres Demi Suksesnya PON Papua

Headline Penulis  Jumat, 21 Jun 2019 19:08 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA -  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi mengungkapkan dalam waktu dekat Presiden RI Joko Widodo akan memutuskan  instruksi presiden (Inpres) guna mendorong percepatan pembangunan sarana prasarana (sarpras) dalam menyambut pekan olahraga nasional (PON) yang akan di gelar di Provinsi Papua pada 2020.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi dalam rapat koordinasi percepatan pembangunan infrastruktr PON 2020 bersama instansi pemerintahan tingkat provinsi dan kabupaten/kota di Aston Hotel Jayapura, Papua, Jumat (21/6/2019).

Menpora menerangkan dua Inpres yang dimaksud antaralain, sinergitas antar instansi terkait mulai dari kementerian sampai tingkat instansi pemerintah/lembaga di provinsi Papua dalam rangka mensukseskan percepatan pembangunan Sarpras PON 2020.

Kedua, Inpres menyangkut kebijakan mobilisasi bahan bangunan serta keperluan penunjang percepatan pembangunan --dengan melibatkan daerah yang menjadi akses distribusi bahan tersebut.

Kata Menpora, selama ini ada kendala dalam pengiriman bahan bangunan yang umumnya didatangkan dari Surabaya dan Jakarta. Hal itu diakibatkan pengurusan administrasi yang memakan waktu, baik melibatkan pemerintah daerah maupun sektor swasta yang menjadi akses distribusi bahan yang dikirimkan ke Kota Jayapura.

“Jadi Inpres itu akan selesai dalam minggu ini. Kami harapkan ini akan memberikan ruang kebijakan baru bagi pemerintah daerah yang belum tercantum dalam Inpres sebelumnya, termasuk di tingkat pemerintah pusat. Kami akan mendorong percepatan ini setiap saat agar pemerintah provinsi Papua bisa mengurai segala kesulitan yang dihadapi dalam mempersiapkan PON 2020 mendatang,” katanya

Selain Stadion Papua Bangkit yang progressnya sudah mencapai 100 persen, Menpora berharap pada Juli mendatang pihaknya bersama pemerintah provinsi dan PB PON Papua dapat mengejar progress 60 persen dalam hal pembangunan venue dari total 44 venue dari cabang olah raga yang diperlombakan nantinya.

“Kita berikan kepercayaan penuh kepada tim pembangunan infrastruktur. Dan kita berikan juga dorongan kepada pemerintah Papua dalam mempersiapkan resource atau sumber daya manusianya dalam mensukseskan PON,” pungkasnya.

Dibaca 102 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.