Kapolda Diminta Evaluasi Para Kapolres | Pasific Pos.com

| 22 July, 2019 |

Kapolda Diminta Evaluasi Para Kapolres

Headline Penulis  Rabu, 05 Agustus 2015 08:59 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Komisi I DPR Papua bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM meminta kepada Kapolda Papua yang baru  dalam  hal ini Brigjenpol Paulus Waterpau agar melakukan evaluasi terhadap seluruh Polres yang ada di Papua.
"Kapolda harus melakukan evaluasi total terhadap kinerja seluruh Polres di Papua, " kata Anggota Komisi I DPR Papua, Emus  Gwijangge kepada  Pasifik Pos,  Senin (3/8).
Menurutnya, selama ini baik kapores, kapolsek dan oknum anggota yang tidak bertangungjawab sering mencoreng citra lembaga polri di Papua. Sehingga diharapakn kepada kapolda  Paulus Waterpau  sebagai Kapolda yang baru, dapat  memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Papua.
Selain itu,  dia juga  berharap  agar Kapolda dapat bekerjasama dengan seluruh denominasi gereja yang ada di Papua,  termasuk menyelesaikan sejumlah kasus yang terjadi di Papua yang hingga saat ini belum diselesaikan.  Bahkan  katanya, perlu adanya pergantian Kapolres dan Kapolsek  yang dinilai belum mampu menjalankan tugasnya  dengan baik.
"Kapolres dan kapolsek yang tidak mampu menjalankan tugasnya  dengan baik, harus di ganti, kalau dibiara akan merusak citra lembaga kepolisian. Kapolda juga harus buka ruang demokrasi di Papua, “ pintanya.
Menurutnya, evaluasi ini perlu dilakukan mengingat pada bulan  Desember mendatang Provinsi Papua menghadapai Pilkada serempak untuk 11 kabupaten yang ada,  Sehingga tidak  ada kendala.
“Kapolda harus menyiapkan  personil yang sesuai dengan tuntutan wilayah, termasuk daerah yang dianggap rawan. Jangan hanya tugaskan  satu atau dua personil. Tapi ketika ada masalah nanti baru  daerah hingga pusat bergerak.  Akhirnya kelabakan,  jadi  ini  yang perlu diperhatikan, " ucap Emus.
Diakui, menjadi kapolda di Papua  tetunya dihadapkan dengan tantangan yang luar biasa dan itu sudah dipahami oleh Paulus Waterpauw   yang merupakan putra  pertama asli Papua yang menjadi Kapolda.
"Masalah yang terjadi di Papua harus diselesaikan dengan cara persuasif dan tidak dengan kekerasan. Tapi kami berharap  Kapolda  dapat selesaikan maslah yang didepan mata seperti masalah  Paniai, Yahukimo dan Tolikara. Namun yang jelas  kami sangat apresiasi dan mendukung Paulus Watepauw  sebagai  Kapolda  Papua,  " tutup  Emus. (Tiara)

Dibaca 610 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.