Siapkan Kebutuhan Ikan Untuk PON, DKP Minta Dukungan Bupati/ Walikota | Pasific Pos.com

| 25 August, 2019 |

Fransiscus X Mote Fransiscus X Mote

Siapkan Kebutuhan Ikan Untuk PON, DKP Minta Dukungan Bupati/ Walikota

Info Papua Penulis  Kamis, 13 Jun 2019 19:01 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,-  Jelang penyelenggaraan Pekan Olaraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Provinsi Papua, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua mengharapkan adanya dukungan dari Bupati dan Walikota.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua, Fransiscus X Mote saat ditemui usai rapat koordinasi bersama kepala dinas kelautan dan perikanan se Papua di Jayapura belum lama ini.

Dikatakan, kedepannya mereka akan fokus untuk menyiapkan ketersedian stok ikan untuk PON 2020 mendatang.

"potensi produksi ikan yang ada di Papua bisa memenuhi kuota yang dibutuhkan selama PON ini berlangsung," ujarnya.

Ia mengatakan, sudah mengintruksikan kepada kepala dinas perikanan kabupaten dan kota untuk menghitung lagi kebutuhan ikan di masing-masing klaster penyelenggaraan PON, sehingga dalam waktu satu tahun kedepan ini kita bisa mengambil kebijakan jika memang stok di klaster masih kurang.

"Tugas kita harus pastioan stok ikan aman untuk PON, makanya kita akan koordinasi lagi dengan masing-masing klaster terkait jumlah kebutuhan ikan selama Pelaksnaan PON di Papua," katanya.

Selain itu, katanya, jumlah peserta PON di masing-masing klaster juga tidak sama, maka dari itu kita harus hitung lagi berapa banyak kebutuhan ikan yang dibutuhkan di masing-masing klaster.

Ditambahkan, dalam rapat koordinasi juga di bahas dukungan dari kabupaten terdekat di masing-masing klaster untuk mendukung kebutuhan stok ikan.

Seperti klaster kota dan kabupaten Jayapura bisa dibantu Kabupaten Sarmi, Biak bisa dibantu Nabire, Serui dan Supiori.

"Jadi sudah diantisipasi kalau memang di klaster tidak mencukupi, maka dari kabupaten lain akan membantu mencukupi, tetapi kita akan usahakan sebisa mungkin untuk mencukupkan," jelasnya.

Namun, ia berharap adanya dukungan anggaran dari bupati dan wali kota kepada dinas kelautan dan perikanan setempat.

“Kami harapkan bupati dan walikota juga bisa memberikan dukungan, agar program kerja dari dinas perikanan untuk mendukung PON di Papua bisa berjalan lancar dan sukses,” tambahnya.

Dibaca 82 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.