Bupati Sambut Baik Rencana Ekspor Ikan Tuna Langsung dari Manokwari | Pasific Pos.com

| 22 September, 2019 |

Bupati Sambut Baik Rencana Ekspor Ikan Tuna Langsung dari Manokwari

Papua Barat Penulis  Rabu, 12 Jun 2019 06:33 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan menyambut baik rencana ekspor ikan tuna langsung dari Manokwari. Sebab, hal itu dinilai akan mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD) bagi Kabupaten Manokwari.

Bupati mengatakan, selama ini ekspor ikan tuna dari Manokwari dilakukan melalui Makassar. Akibatnya, PAD masuk ke Makassar. Oleh karena itu, Pemkab Manokwari berupaya agar ke depan ekspor ikan tuna dilakukan langsung dari Manokwari.

“Jadi tidak bisa lewat Makassar lagi karena ini membuat PAD Makassar naik, padahal produksinya dari Manokwari. Ini yang diupayakan karena merupakan peluang untuk menghasilkan PAD bagi Manokwari,” sebutnya.

Menurut Bupati, dirinya akan mengundang kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) bersama kepala Dinas Perhubungan, Kelautan, dan Perikanan (Dinas PKP) untuk melakukan kajian terkait potensi dan prospek ekspor ikan tuna langsung dari Manokwari. Sebab, selama ini Kabupaten Manokwari tidak memiliki sumber daya alam yang dapat diandalkan untuk menambah PAD.

“Hanya pabrik semen. Selain itu yang bisa dijual adalah jasa. Jasa ini yang harus ditangkap agar bisa mendatangkan PAD demi pembangunan Kabupaten Manokwari,” katanya.

Dia mengakui bahwa ekspor ikan tuna menjadi potensi pendapatan yang cukup baik bagi Kabupaten Manokwari. Oleh karena itu, sarana dan prasarana pendukungnya pun perlu disiapkan.

Namun demikian, kata dia, Pemkab Manokwari terlebih dahulu perlu mencari tahu penyebab ekspor ikan tuna tidak bisa dilakukan langsung dari Manokwari agar bisa dicarikan solusi.

“Kita akan mencari tahu dulu alasan kenapa ekspor selama ini dilakukan dari Makassar. Mungkin di sini seperti apa, sehingga ke Makassar. Permasalahan-permasalahan itu akan dicarikan solusinya agar ekspor bisa langsung dilakukan dari Manokwari,” tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Bea Cukai Manokwari, Alimuddin Lisaw mengatakan, pihaknya mendorong agar ekspor ikan tuna bisa dilakukan langsung dari Manokwari. Untuk mendorong ekspor angsung dari Manokwari, menurut dia, pihaknya sudah melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan para pengusaha yang selama ini mengirim ikan tuna ke Makassar dengan mengundang pimpinan instansi terkait dan kalangan perbankan. (BNB-R3)

Dibaca 88 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.