Gubernur Mandacan Menerima Penghargaan Pahlawan Konservasi Global di LA | Pasific Pos.com

| 18 July, 2019 |

Gubernur Mandacan Menerima Penghargaan Pahlawan Konservasi Global di LA

Papua Barat Penulis  Selasa, 11 Jun 2019 19:52 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Komitmen besar Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan tidak sia-sia. Perjuangan itu telah membuahkan hasil dengan menerima penghargaan sebagai ‘Pahlawan Konservasi Global yang diterima oleh Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan pada acara Gala Dinner Organsasi Non-Profit Konservasi Internasional (CI), di Los Angeles Amerika Serikat, Sabtu (8/6) waktu setempat.

Dalam acara tersebut, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan didampingi oleh Ketua DPR Papua Barat, Pieters Kondjol, Sekda Papua Barat, Nataniel D. Mandacan dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Pemprov Papua Barat Prof Charlie D Heatubun.

Gubernur Mandacan mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk pengakuan dunia internasional atas upaya Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam menjaga hutan, Iaut serta menjamin pemenuhan hak-hak masyarakat asli Papua Barat dengan pendekatan pembangunan yang berkelanjutan serta ramah lingkungan.

Selain itu, DPR Papua Barat juga telah mengesahkan Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) Pembangunan Berkelanjutan yang mengedepankan prinsip-prinsip pembangunan yang ramah lingkungan. Akhirnya, dengan perdasus itu mengantarkan Papua Barat menjadi provinsi konservasi, dimana minimal 70 persen area hutan dan ekosistemnya akan dilindungi dan dikelola secara berkelanjutan dan peraturan itu juga disebut sebagai Deklarasi Manokwari.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Pemprov Papua Barat Prof Charlie D Heatubun menuturkan bahwa Gubernur Papua Barat memiliki andil yang besar dalam mendorong pengesahan perdasus tersebut. Salah satunya melakukan sejumlah program untuk pelestraian lingkungan Iainnya.

"Penghargaan ini juga sebagai bentuk penghargaan atas kepemimpinan serta komitmen Bapak Gubernur yang telah mendorong disahkannya Perdasus tersebut, selain daripada kebijakan-kebijakan instrumental Iainnya, seperti review Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi, review Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), penambahan dan perluasan kawasan lindung serta penyusunan sejumlah program untuk pelestraian lingkungan Iainnya,” sebut Heatubun dalam press realese yang disampaikan Biro Humas dan Protokol Setda Papua Barat kemarin.

Heatubun menambahkan, bahwa Gala Dinner ini rutin digelar tiap tahun dengan maksud untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran mengenai pelestarian lingkungan. Konservasi lnternasional telah Iebih dari 30 tahun fokus pada upaya-upaya advokasi perlindungan lingkungan dan bermarkas di Virginia, AS. [FSM-R3]

Dibaca 57 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.