Warga Binaan Lapas Abepura Dirazia | Pasific Pos.com

| 19 June, 2019 |

Razia yang dilakukan di Lapas Abepura Razia yang dilakukan di Lapas Abepura

Warga Binaan Lapas Abepura Dirazia

Kriminal Penulis  Minggu, 09 Jun 2019 21:22 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA - Menindaklanjuti adanya laporan masuknya barang terlarang,  Lapas Kelas II A Abepura dibackup Polres Jayapura Kota melakukan razia dan pemeriksaan didalam lembaga pemasyarakatan Abepura, Sabtu (8/6) pagi.

Dari hasil razia dan swiping petugas lapas dan Anggota Polres Jayapura Kota yang dipimpin oleh Kepala Lapas Kornelles Rumboirusi didamping oleh Wakapolres Jayapura Kota Kompol Heru Hidayanto, berhasil menyita ratusan alat tajam dan hp milik Warga binaan yang diduga di bawa pihak keluarga saat jam kunjungan berlangsung.

Kepala Lapas Kelas II A Abepura Kornelles Rumboirusi mengungkapkan , pemeriksaan rutin rutin yang dilakukan tidak lain karena ada informasi terkait masuknya barang terlarang didalam lapas.

"Razia yang kami lakukan tidak lain untuk menindaklanjuti instruksi bahwa adanya barang terlarang masuk, selain itu juga razia ini sesuai dengan SOP yang ada sesuai dengan aturan yang berlaku," ungkapnya.

Lanjut Kornelles, saat ini kondisi penampungan bagi warga binaan di Lapas Abepura sudah melebihi kapasitas dari standar yang telah ditentukan.

"Kalau bilang kapasitas, di lapas Abepura sudah over, seharusnya setandarnya hanya 600 orang, tapi saat ini sudah mencapai hingga 720 orang," bebernya.

Ia pun menjelaskan dengan dinamika saat ini, pihaknya akan terus melakukan pengawasan ketat guna mengantisipasi adanya warga binaan yang kabur seperti sebelumnya.

"Kami akan memaksimalkan pengawasan baik jam kunjungan dan hari-hari biasa guna mengantisipasi kejadian seperti sebelumnya terjadi lagi dan kami akan berkoordinasi dengan aparat kemanan yang ada untuk membantu pengawasan," tuturnya.

Sementara itu Wakapolres Jayapura Kota Kompol Heru Hidayanto, S.Sos mengatakan, pihak kepolisian dalam hal ini Polres Jayapura Kota, hanya sebatas memback up tugas dari pegawai Lapas Abepura untuk melakukan pemeriksaan rutin terhadap ruang tahanan maupun narapidananya.

"Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan dan barang-barang yang ditemukan sudah di kumpulkan oleh pihak Lapas Abepura,"Ujar Wakapolres.

Dibaca 35 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.