Robertus Waropea Jabat Ketua Lemasko 2019-2024 | Pasific Pos.com

| 23 August, 2019 |

penyerahan tongkat oleh Ketua BM Lemasko kepada Ketua DPA Lemasko penyerahan tongkat oleh Ketua BM Lemasko kepada Ketua DPA Lemasko

Robertus Waropea Jabat Ketua Lemasko 2019-2024

Lintas Daerah Penulis  Rabu, 29 Mei 2019 13:57 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

DPA Lemasko Diharapkan Bekerja Bersih, Jujur dan Merakyat



Timika, Dewan Pimpinan Adat (DPA) Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) periode 2019-2024 resmi dilantik setelah mengikuti beberapa materi dalam kegiatan lokakarya yang diikuti oleh Badan Musyawarah (BM), DPA, Staf dan karyawan Lemasko, yang dilaksanakan di Hotel Horison Ultima Timika, Selasa (27/5).

Sebelum dilantik, para pengurus DPA, BM, staf dan karyawan Lemasko mendapatkan beberapa materi penting tentang uraian pekerjaan (job description) kode etik, pembentukan dewan kehormatan yang dibawakan oleh ketua Lemasko Robertus Waraopea, SH, proses perekrutan karyawan Lemasko beserta aturan yang telah ditetapkan yang dibawakan oleh Wakil Ketua I Lemasko Gregorius Okoare serta pemberian motivasi yang dibwakan oleh DR. Leonardus Timika, P. hd, dan Benediktus Iripiaro, S. PSI dalam lembaga dalam melaksanakan program dan rekomendasi atau usulan dari masyarakat pada saat pelaksanaan Musyawarah Adat (Musdat) ke V Lemasko pada tanggal 9 dan 10 April lalu dan dilanjutkan dengan pelantikan DPA.

Ketua DPA Lemasko Periode 2019-2024 Robertus Waraopea, SH dalam sambutannya usai dilantik meminta kepada seluruh pengurus DPA, Pengurus BM, staf dan karyawan serta masyarakat Kamoro untuk bersatu, bergandeng tangan dan melepaskan semua perbedaan, belenggu yang sifatnya "isme", seperti kampungisme, tapi demi memperjuangkan hak-hak dasar orang Kamoro mulai dari Nakai sampai Teluk Etna.

"Tinggalkan semua perbedaan, mari kita saling bergandeng tangan untuk melihat persoalan dan hak-hak masyarakat Kamoro," kata Robertus.

Ia juga berharap kepada BM selaku saru wadah tertinggi didalam internal Lemasko yang terdiri dari tua-tua adat begitu juga pihak Freeport agar selalu bersama-sama dengan DPA dalam melaksanakan program. Apabila pengurus Lemasko dalam melaksanakan program tidak sesuai kiranya bisa ditegur sehingga apa yang menjadi tujuan bersama bisa terwujud.

"Jadi kami minta juga kepada BM agr selalu membimbing, bersama-sama dengan DPA apabila kami DPA melangkah keluar dari jalur, begitu juga kami berterima kasih kepada pihak Freeport yang selaku mensuport kami," harapnya.

Pada kesempatan yang sam, Ketua BM Lemasko Jack A Emayauta mengatakan, sejak berdirinya Lemasko hingga saat ini banyak mengalami perubahan pada periode ke periode. Perubahan tersebut akan terlihat dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab kedepan bagi masyarakat Mimika menuju kemajuan.

"Hari ini betul-betul kita mengalami perubahan besar dan juga mengalami pembaharuan dalam memberikan rasa tanggung jawab yang akan mereka kerjakan," kata Jack.

Perwakilan PT Freeport Indonesia Fredy Marpaung dalam sambutannya mengatakan, pelantikan yang susah dilaksanakan dengan mengikrarkan sumpah janji kepada Tuhan dan leluhur dan seluruh masyarakat Kamoro bisa memberikan yang terbaik bagi Lemasko dan seluruh masyarakat Kamoro.

"Kira bisa memberikan terbaik bagi masyarakat Kamoro," kata Fredy.

Namun, menjadi tantangan tersendiri bagi DPA Lemasko, bahwa program yang diusulkan dan dilaksanakan tidak bisa dilakukan sndiri oleh DPA, melainkan ada campur tangan masyarakat dan juga BM, sehingga DPA bisa melaksanakan progam agar menyentuh kepada masyarakat.

"Program dan permasalahan yang terjadi di masyarakat tidak bisa dikerjakan sendiri oleh teman-teman DPA, tapi BM juga akan memberikan arahan demikian juga karyawan dan masyarakat akan memberikan support kepada DPA supaya bapak-bapak ini bisa melaksanakan tugas dengan baik," ungkapnya.

Dirinya berharap, slogan yang dipakai Presiden RI Ir. Jokp Widodo kiranya bisa diadopsi didalam Lemasko yang mana DPA dituntut untuk bekerja dengan bersih, bekerja dengan jujur dan bekerja dengan merakyat, serta adanya kolaborasi antara mitra Lemasko baik Pemerintah, LPMAK, Freeport dan masyarakat Kamoro serta masyarakat Kabupaten Mimika pada umumnya.

"Mengcopy slogan pak Jokowi Bersih, Jujur dan merakyat saya harap slogan ini juga ada di bapak-bapak DPA untuk mereka bisa melakukan segalanya dengan jujur, bersih dan merakyat," harapnya.

Dalam komposisi kepengurusan inti Lemasko terdapat Ketua Lemasko Robertus Waraopea, SH, Wakil Ketua I Gregorius Okoare, SE, yang membidangi Kepegawaian, administrasi, keuangan, Humas, Kemitraan, Olahraga dan Kepemudaan, Wakil Ketua II Dominikus Mitoro, SE. M. SI yang membidangi Pendidikan, Kesehatan, Politik Hukum, HAM dan Keamanan, Wakil Ketua III Benediktus Iripiaru, S. PSI yang membidangi sektor perikanan dan kelautan, ekonomi kemasyarakatan, pertambangan dan lingkungan hidup, dan Wakil Ketua IV Siprianus Operawiri, Amd,T yang membidangi hak ulayat dan adat  budaya, peternakan, dan Pertanian, perkebunan dan kehutanan. (Ricky).

Dibaca 141 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.